web analytics
  

Demi Kesehatan, Jangan Sarapan dengan 6 Hal Ini!

Sabtu, 28 November 2020 08:13 WIB Redaksi AyoBandung.Com
Gaya Hidup - Sehat, Demi Kesehatan, Jangan Sarapan dengan 6 Hal Ini!, Sarapan sehat,Menu Sarapan,Kesehatan,Diet

[Ilustrasi] Menu sarapan sehat bisa menentukan aktivitas harian. Menu sarapan harus bergizi sehingga tubuh memiliki energi untuk beraktivitas. (Aline Ponce/Pixabay )

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM Menu sarapan sehat bisa menentukan aktivitas harian. Menu sarapan harus bergizi sehingga tubuh memiliki energi untuk beraktivitas.

Dilansir dari Boldsky, berikut enam makanan yang sebaiknya dihindari saat sarapan. Meski tampak enak, sarapan dengan 6 hal ini bisa menimbulkan masalah kesehatan.

1. Sandwich kemasan

Menjamurnya coffee shop dan supermarket yang menjual sandwich kemasan, semakin memudahkan seseorang untuk memilih menu sarapan yang praktis. Isinya pun menggoda, ada smoked beef, sayuran, dan keju, yang tampak menyehatkan.

Namun, para pakar kesehatan mengungkapkan rata-rata sandwich kemasan tinggi sodium, bahan pengawet, dan lemak jahat. Apalagi jika memilih daging olahan seperti bacon dan sosis dalam jumlah banyak.

2. Pancake dan waffle

Menu makanan ini sangat menggoda untuk dijadikan sarapan karena rasanya yang manis dan empuk. Banyak orang yang merasa ketagihan dengan makanan ini. Namun, jika makanan ini ditambahkan topping semisal sirup dan selai buah, perlu diwaspadai. Topping tambahan itu mengandung banyak glukosa buatan. Bahan makanan ini bisa memicu diabetes tipe 2.

3. Pastry

Menu makanan yang tak kalah menggiurkan adalah aneka pastry, seperti croissant dan donat. Perihal rasa tak perlu diragukan lagi. Banyak kalangan yang suka dengan jenis makanan ini karena rasanya yang manis dan empuk.

Namun, menu ini kurang bagus untuk sarapan lantaran kandungan serat dan proteinnya sedikiti. Dan biasanya pastry mengandung kalori dan gula yang tinggi. Sebagai alternatif bisa pilih menu sajian telur yang diikuti dengan makan buah serta sayur.

4. Smoothies kemasan

Smoothies kemasan juga kurang bernutrisi untuk sarapan. Sebab umumnya makanan ini ditambahkan banyak gula buatan. Serta rasa manisnya bukan dari buah asli. Smoothies juga mungkin ditambahkan susu penuh lemak, es, dan krim yang membuatnya jadi lebih mirip milkshake ketimbang smoothies. Agar lebih sehat, sebaiknya buat sendiri smoothies sayur atau buah dengan greek yogurt.

5. Yogurt rendah lemak

Yogurt rendah lemak dengan tambahan banyak buah terdengar menyehatkan untuk menu sarapan. Faktanya menu praktis ini dipenuhi gula sederhana yang mudah dibakar tubuh untuk hasilkan energi. Namun, yoghurt kurang mengandung lemak sehingga cepat timbulkan rasa lapar. Pakar kesehatan merekomendasikan pilih greek yogurt dengan topping buah berry. Tambahkan serat juga dari pemakaian oat atau kacang-kacangan.

6. Sereal kemasan

Banyak orang berpikir sereal kemasan adalah menu bergizi untuk sarapan. Faktanya meski sereal kemasan dilabeli 'whole grains' atau gandum utuh, kebanyakan diproses tinggi dan hanya mengandung sedikit gandum utuh. Tambahannya adalah gandum olahan dan gula tambahan. Sereal kemasan juga tinggi karbohidrat dan rendah serat sehingga cepat memunculkan rasa lapar.

Editor: M. Naufal Hafizh

artikel terkait

dewanpers