web analytics
  

Mengoptimalkan Gadget untuk Pembelajaran Olahraga Siswa

Jumat, 27 November 2020 14:15 WIB Netizen Yupiter Sulifan
Netizen, Mengoptimalkan Gadget untuk Pembelajaran Olahraga Siswa, Olahraga,gadget,Kesehatan,Pendidikan,pembelajaran jarak jauh (PJJ)

Contoh hasil aplikasi olahraga yang di-screenshot siswa dan dikirim ke guru PJOK. (Dokumentasi Azwar Anas)

Yupiter Sulifan

Guru BK SMA Negeri 1 Taman Sidoarjo

AYOBANDUNG.COM -- Berawal dari rasa prihatin saat melihat banyak generasi milenial sekarang yang tidak pernah bisa lepas dari gadget atau smartphonenya, Mokhammad Azwar Anas, S.Pd., guru PJOK (Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan) SMA Negeri 1 Taman Sidoarjo berfikir untuk bisa memanfaatkan fenomena ini.

Sebagai seorang pendidik yang berjiwa inovatif, Azwar Anas mencoba mengombinasikan antara smartphone peserta didik dengan pendidikan jasmani sesuai materi yang ada di mata pelajaran PJOK.

“Kita tidak dapat melarang anak zaman sekarang atau zaman now ini untuk tidak menggunakan smartphone karena barang tersebut sudah termasuk dalam kebutuhan pokok sehari-hari mereka. Disisi lain, mengingat betapa pentingnya berolahraga untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh kita, maka saya berusaha untuk memaksimalkan dan menggabungkan kegemaran mereka menggunakan smartphone untuk game, sosial media maupun mencari segala hal melalui google dengan aktivitas berolahraga,” kata Azwar Anas.

Tentunya, semua ini tidak jauh dari smartphone dengan melalui aplikasi yang ada pada smartphone peserta didik, mereka bisa dengan enjoy, fun, senang tanpa ada rasa tertekan untuk berolahraga.

Apalagi, tinggal mengunduh di mesin pencari yang ada, banyak sekali aplikasi-aplikasi yang dapat menunjang aktivitas olahraga siswa apalagi di tengah pandemi seperti saat ini. Azwar Anas memanfaatkan salah satu aplikasi olahraga yang ada di intenet, dalam aplikasi ini terdapat banyak sekali menu untuk membantu siswa dalam melakukan aktivitas olahraga. Siswa dapat memilih aktivitas olahraga yang akan dilakukan seperti : jalan kaki, lari, lari jarak jauh, bersepeda di jalan raya, gym umum seluruh tubuh, treadmill, hingga mendaki.

Aktivitas olahraga yang dapat disesuaikan dengan situasi kondisi dimana siswa akan melakukan olahraga. Dalam aplikasi olahraga tersebut terdapat hasil yang dapat siswa lihat secara langsung sesaat setelah selesai melakukan olahraga. Terdapat jarak yang sudah ditempuh siswa, durasi berapa lama berolahraga, berapa kecepatan laju (menit/km), hingga siswa dapat mengetahui berapa kalori yang terbakar setelah berolahraga.

Tujuannya ketika guru memberi tugas ke siswa sambil berolahraga menggunakan aplikasi tersebut maka siswa dapat mengirim hasilnya berupa foto screenshoot kepada guru PJOK. Yang dapat dilihat hasilnya kapan, dimana, durasi, dan berapa kalori yang dihasilkan siswa tersebut berolahraga menggunakan salah satu aplikasi olahraga tersebut.

Karena aplikasi tersebut online jadi semua akan terdeteksi apabila siswa berniat untuk berbuat curang saat pengumpulan tugas. Setelah tugas terkumpul di guru PJOK maka siswa juga membagikan hasil olahraganya ke media sosial masing-masing agar bisa mengajak semua teman-teman yang ada di media sosialnya untuk senantiasa menjaga kesehatan dengan berolahraga.

Manfaat dari aplikasi olahraga ini adalah untuk meningkatkan antusiasme siswa untuk berolahraga karena mereka akan secara langsung dapat melihat hasil aktivitas olahraganya dan juga tidak terlepas dari kegemaran mereka yang selalu update status di sosial medianya. Jadi, berolahraga dengan senang bukan saja bikin badan sehat bugar tetapi juga mendapat nilai terbaik di mata pelajaran PJOK. Bagaimana dengan kalian, sudahkah berolahraga dengan senang gembira sambal memanfaatkan kecanggihan gadget?

Tulisan adalah kiriman netizen, isi tulisan di luar tanggung jawab redaksi.

Ayo Menulis klik di sini

Editor: M. Naufal Hafizh

terbaru

Oleh-Oleh Tak Sekadar Barang Bawaan

Netizen Minggu, 24 Januari 2021 | 18:07 WIB

Oleh-oleh itu sendiri sebenarnya menunjukkan kekhasan daerah wisata yang sudah kita kunjungi pada kesempatan itu.

Netizen, Oleh-Oleh Tak Sekadar Barang Bawaan, oleh-oleh Bandung,Pedagang Oleh-oleh,Cemilan buat Oleh-oleh

Jalan Suryani, Pasar Loak Baru Segala Ada

Netizen Minggu, 24 Januari 2021 | 17:15 WIB

Kota Bandung dikenal dengan pasar loak Astanaanyar dan Cihapitnya, tapi dalam beberapa taun terakhir tepatnya empat taun...

Netizen, Jalan Suryani, Pasar Loak Baru Segala Ada, pasar loak Bandung,Pasar Loak Astana Anyar,Pasar loak Cilaki,pasar loak jalan suryani,pasar loak,Bandung Baheula

Ketika Ponsel Ketinggalan di Dalam Taksi Online

Netizen Minggu, 24 Januari 2021 | 14:23 WIB

Hal yang perlu diperhatikan adalah saat kita sedang bepergian. Berusahalah untuk selalu berhati-hati saat membawa atau m...

Netizen, Ketika Ponsel Ketinggalan di Dalam Taksi Online, Ponsel,kehilangan ponsel,bermain ponsel,ponsel ketinggalan,ketinggalan ponsel,menaruh ponsel

Menyoal Tantangan Sektor Pertanian di Era Pandemi

Netizen Minggu, 24 Januari 2021 | 13:47 WIB

Penyebab Turunnya Nilai Tukar Petani di Jabar

Netizen, Menyoal Tantangan Sektor Pertanian di Era Pandemi, nilai tukar petani,ntp jabar,BPS,tantangan pertanian,BPS Jabar,COVID-19,Pandemi Covid-19

Bersepeda, Menyehatkan atau Membahayakan?

Netizen Minggu, 24 Januari 2021 | 13:30 WIB

Olahraga Bersepeda, Menyehatkan atau Membahayakan?

Netizen, Bersepeda, Menyehatkan atau Membahayakan?, Bersepeda,jantung,olahraga pandemi,COVID-19,Bandung Hari Ini,jalan digunakan untuk sepeda

Kreasi dan Inovasi Mahasiswa Sistem Telekomunikasi pada Masa Pandemi

Netizen Sabtu, 23 Januari 2021 | 23:06 WIB

Kreasi dan Inovasi Mahasiswa Sistem Telekomunikasi pada Masa Pandemi

Netizen, Kreasi dan Inovasi Mahasiswa Sistem Telekomunikasi pada Masa Pandemi, COVID-19,Sistem Telekomunikasi

Covid-19 dan Peran Industri Telekomunikasi

Netizen Sabtu, 23 Januari 2021 | 22:57 WIB

Covid-19 dan Peran Industri Telekomunikasi

Netizen, Covid-19 dan Peran Industri Telekomunikasi, COVID-19,telekomun

Ragam Peran Teknologi Telekomunikasi di Masa Pandemi

Netizen Sabtu, 23 Januari 2021 | 21:02 WIB

Di akhir tahun 2020 ini, dunia masih saja disibukkan dengan wabah penyakit covid-19 yang masih terus saja meningkat dise...

Netizen, Ragam Peran Teknologi Telekomunikasi di Masa Pandemi , telekomunikasi,COVID-19,UMKM,WFH

artikel terkait

dewanpers