web analytics
  

Belum Ada Kepastian UMK Cianjur Naik atau Tidak

Kamis, 26 November 2020 20:30 WIB Muhammad Ikhsan
Umum - Regional, Belum Ada Kepastian UMK Cianjur Naik atau Tidak, UMK Cianjur,Buruh Cianjur

Ilustrasi -- UMK. (Istimewa)

CIANJUR, AYOBANDUNG.COM -- Upah minimum kabupaten (UMK) Cianjur diperkirakan akan mengalami kenaikan usai aksi unjuk rasa ribuan buruh di depan Pendopo Kabupaten Cianjur. Perkiraan kenaikannya sekitar 3 hingga 3,2 persen seperti di kabupaten/kota lainnya di Jawa Barat.

Informasi yang dihimpun, akan ada kenaikan itu berdasarkan informasi Pemerintah Kabupaten Cianjur melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnaketran). Kalaupun naik, kemungkinan sama dengan daerah lainnya.

Kepala Disnakertrans Kabupaten Cianjur Heri Supardjo membantah adanya kabar tersebut dan menolak berandai-andai tentang kenaikan UMK di Cianjur.

“Nggak tahu ah, kami tidak mau berkomentar hal tersebut. Saat ini fokus ada kesepakatan mengenai kejelasan persoalan rekomendasi yang berakhir tidak adanya kenaikan UMK dalam SK Gubernur Jabar,” ujar Heri pada Ayobandung.com, Kamis (26/11/2020).

Heri menuturkan, saat ini fokus bersama perwakilan buruh, Pemkab Cianjur disertai dari Polres Cianjur untuk menemui Sekda Pemprov Jabar mempertanyakan kesimpangsiuran informasi mengenai tidak adanya kenaikan UMK.

“Kita akan mengetahui kenapa UMK Cianjur tidak naik, kita bersama-sama menghadap Sekda Pemprov Jabar agar semuanya bisa mengetahui,” ucapnya.

Heri menegaskan Pemkab Cianjur hanya merekomendasikan saja, mengenai berapa kisaran kenaikannya ditentukan Pemprov Jabar. “Bukan kewenangan kita masalah penentuan besaran kenaikan UMK,” pungkasnya.

Editor: Dadi Haryadi
dewanpers