web analytics
  

Berolahragalah Secukupnya dan dengan Kadar yang Tepat

Kamis, 26 November 2020 11:20 WIB Dudung Ridwan
Gaya Hidup - Sehat, Berolahragalah Secukupnya dan dengan Kadar yang Tepat, Olahraga yang tepat,Olahraga secukupnya,Olahraga menurut Hiromi Shinya

Yoga. (Pixabay)

BANDUNG, AYOBANDUNG.COM -- Olahraga penting dilakukan untuk dapat menjalani hidup yang sehat. Sebab, Dalam tubuh manusia terdapat lima “aliran”: aliran darah dan getah bening; aliran pencernaan; aliran urine; aliran udara; dan aliran tenaga dalam (chi). Dan satu hal untuk menjaga agar kelima aliran ini terus tidak terhambat dan tidak terganggu adalah dengan berolahraga.

Demikian salah satu bab yang menarik dalam buku The Miracle of Enzyme: Self Healing Program, karya Hiromi Shinya, MD—Guru besar kedokteran Albert Einstein College of Medicine, AS

Menurut Hiromi Shinya, dengan menggerakkan seluruh tubuh, sirkulasi darah dan alirah getah bening pun meningkat. Ini mengaktifkan metabolisme tubuh yang kemudian menyebabkan vitamin-vitamin dan mineral penting lebih mudah diedarkan ke seluruh tubuh sehingga menciptakan sebuah lingkungan yang lebih kondusif bagi kerja enzim. Sebagai hasilnya, seluruh fungsi tubuh Anda akan meningkat.

“Namun, hal ini hanya terjadi jika Anda berolahraga dalam kadar yang tepat. Terlalu banyak berolahraga sebenarnya dapat merusak kesehatan karena semakin banyak berolahraga, semakin banyak radikal bebas yang diproduksi dalam tubuh,” katanya.

Itulah sebabnya kita sering melihat kasus seseorang meninggal tiba-tiba akibat gagal jantung saat berjoging. Banyak wanita yang berjoging setiap hari, tetapi para wanita pelari muda berusia puluhan yang berlari sejauh hampir 10 km setiap harinya menjadi sangat kurus dan memiliki dada dan bokong yang rata. Terkadang, bahkan siklus haid mereka berhenti. Ini karena tubuh mereka tidak memproduksi cukup banyak hormon wanita.

Homeostatis tubuh Anda akan gagal jika Anda terlalu memaksakan diri untuk melakukan sesuatu. Secukupnya, adalah satu kunci penting bagi kesehatan. Secukupnya, bukan berarti melakukan sesuatu dengan setengah hati, tetapi artinya adalah melakukan olahraga yang paling cocok bagi kondisi fisik, gaya hidup, dan kesehatan mental Anda.

“Secukupnya” berbeda dari satu orang ke orang yang lain. Olahraga cukup bisa  diciptakan setiap hari dengan menggabungkan banyak hal yang telah Anda uji sendiri. “Jika orang-orang yang tidak pernah menggerakkan tubuh mereka memulai olahraga seperti yang saya lakukan, mereka akan memberi tekanan pada otot-otot atau persendian mereka. Oleh karena tekanan menghasilkan sejumlah besar radikal bebas dalam tubuh, olahraga yang menyebabkan tekanan tidak akan memberikan keuntungan dalam segi kesehatan.”

Berdasarkan asumsi tersebut, Hiromi berpendapat bahwa secara umum yang ideal adalah berjalan sekitar 1,5 -3 km setiap harinya dengan kecepatan masing-masing.

Satu keuntungan dari olahraga ini adalah memperbaiki aliran udara dalam paru-paru Anda. Jika aliran udara lebih lancar, udara segar memasuki tubuh sehingga mengaktifkan metabolisme dan meningkatkan aliran darah, getah bening, dan pencernaan tubuh.

Satu hal baik lain yang dapat dilakukan pada waktu senggang adalah menutup mata dan menarik beberapa napas panjang. Dengan menarik napas panjang, Anda dapat menghirup oksigen yang dibutuhkan tanpa harus berolahraga berlebihan.

Editor: Dudung Ridwan
dewanpers