web analytics
  

Rekor Baru, Kasus Aktif Covid-19 Bandung Naik 139 dalam Sehari

Kamis, 26 November 2020 16:03 WIB Nur Khansa Ranawati
Bandung Raya - Bandung, Rekor Baru, Kasus Aktif Covid-19 Bandung Naik 139 dalam Sehari, Corona Bandung,Covid-19 Bandung,Pasien Covid-19 Bandung,pasien sembuh Covid-19 Bandung,Update Covid-19 Kota Bandung

Swab test Covid-19. (Ayobandung.com/Irfan Al-Faritsi)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Kasus positif Covid-19 di Kota Bandung terus mengalami kenaikan. Dalam sepekan terakhir, jumlah kenaikan kasus positif aktif Covid-19 secara konstan berada di atas 30 kasus dalam sehari.

Bahkan, kenaikan kasus positif aktif mengalami lonjakan dalam tiga hari terakhir. Pada Rabu 25 November 2020, terjadi kenaikan kasus positif aktif hingga 139 dalam sehari. Angka kenaikan tersebut merupakan yang paling tinggi sejak kemunculan Covid-19 di Kota Bandung.

Hingga 25 November malam, data yang dihimpun Pusat Informasi Covid-19 atau Pusicov Kota Bandung menunjukan total kasus positif Covid-19 aktif berjumlah 623. Sementara total kasus positif Covid-19 secara kumulatif berjumlah 3.185.

Jumlah kasus Covid-19 aktif di Kota Bandung saat ini juga merupakan yang tertinggi, setidaknya sejak September 2020. Kasus positif aktif menunjukan jumlah orang yang saat ini terpapar Covid-19 dan masih berada dalam masa perawatan, baik di rumah sakit ataupun isolasi mandiri.

Berdasarkan data yang dihimpun Pusicov, kasus positif aktif di Kota Bandung memang selalu fluktuatif. Jumlahnya dapat bertambah ataupun berkurang setiap harinya.

Pasien positif aktif dapat berkurang bila ada yang sudah dinyatakan sembuh, dan dapat bertambah ketika ada yang terkonfirmasi positif berdasarkan hasil tes.

Pada pertengahan September hingga awal Oktober, jumlah kasus positif aktif di Kota Bandung rata-rata berada di kisaran 100-150 kasus setiap harinya. Jumlahnya fluktuatif, kerap bertambah ataupun berkurang sebanyak 20-30 kasus setiap hari.

Pada 7 Oktober, jumlah kasus positif aktif bertambah menjadi 200 kasus. Sejak saat itu, angka positif aktif di Kota Bandung meningkat ke kisaran 200-250 kasus setiap harinya, dan terus fluktuatif.

Angka tersebut sempat turun ke 190 kasus per-hari di pertengahan Oktober, tepatnya sejak 16 Oktober. Sejak saat itu hingga pertengahan November, jumlah kasus aktif harian berada di kisaran 190-200 kasus, bertambah dan berkurang 20-30 kasus setiap harinya.

Pada 12 November, angka positif harian meningkat ke kisaran 300 kasus per-hari. Jumlah ini kerap mengalami peningkatan  setiap harinya, meskipun masih fluktuatif hingga 20 November.

Namun, peningkatan drastis mulai terlihat sejak 21 November --tiga pekan selepas libur panjang Maulid Nabi Muhammad SAW--hingga hari ini. Sejak 21 November, angka kasus positif aktif harian tidak lagi fluktuatif, melainkan konstan mengalami peningkatan.

Pada 21 November, kasus positif aktif di Kota Bandung berjumlah 339 kasus. Jumlahnya terus meningkat setiap harinya hingga 25 November; yakni 370 kasus, 398 kasus, 484 kasus, dan 623 kasus.

Lonjakan terjadi pada 24 November, dimana hari itu kenaikan kasus positif aktif mencapai 86 kasus dalam sehari. Di hari kemarin atau 25 November, rekor kenaikan kasus positif aktif kembali terjadi, dengan penambahan 139 kasus dalam sehari.

Rumah Sakit Penuh

Lonjakan kasus yang signifikan tersebut juga diiringi dengan berkurangnya jumlah tempat tidur untuk pasien Covid-19 di rumah sakit-rumah sakit rujukan di Kota Bandung. Sekretaris Daerah Kota Bandung Ema Sumarna mengatakan, tingkat keterisian tempat tidur untuk pasien Covid-19 di Kota Bandung sudah mencapai 90,37%.

"Kita dihadapkan pada tingkat (keterisian) tempat tidur yang sudah di angka 90,37%. Dari 789 tempat tidur, sekarang terisi 713. Sisanya 79, itu pun sudah waiting list," ungkapnya di Balai Kota Bandung, Rabu (25/11/2020).

Sekretaris Daerah Kota Bandung Ema Sumarna. (Ayobandung.com/Nur Khansa Ranawati)

Ia mengatakan, situasi tersebut menunjukan bahwa kasus Covid-19 di Kota Bandung memasuki masa darurat. Meskipun masih berada di zona kewaspadaan oranye, namun jumlah peningkatan kasus setiap harinya kian meningkat.

"Kita sudah masuk situasi cukup darurat, bahwa Bandung sudah harus konsentrasi dan berupaya maksimal lagi," ungkapnya.

Bukan hanya rumah sakit-rumah sakit rujukan yang menampung pasien positif bergejala. Situasi serupa juga terjadi pada pusat isolasi pasien positif tak bergejala atau OTG. Dua buah hotel yang disediakan Pemerintah Kota Bandung sebagai tempat isolasi OTG dinyatakan penuh.

"Tempat isolasi yang disiapkan pemkot itu penuh. Hotel S dan hotel U sudah penuh. Kita sedang mengupayakan lagi satu (hotel) untuk OTG," ungkapnya.

Untuk itu, Pemkot Bandung saat ini pun telah meminta para camat untuk dapat menyediakan pusat isolasi Covid-19 untuk pasien positif yang OTG di lingkungan masing-masing. Warga juga diingatkan untuk senantiasa menerapkan disiplin 3M dalam berkegiatan sehari-hari, termasuk di dalam rumah.

Editor: Fira Nursyabani

terbaru

Waktu Salat Bandung dan Sekitarnya 25 Januari 2021

Bandung Senin, 25 Januari 2021 | 04:03 WIB

Waktu Salat Bandung dan Sekitarnya 25 Januari 2021

Bandung Raya - Bandung, Waktu Salat Bandung dan Sekitarnya 25 Januari 2021, Jadwal Salat Bandung,Waktu salat Bandung,Salat Bandung,jadwal Salat Bandung hari ini,Waktu salat Bandung dan sekitarnya hari ini

bjb syariah Apresiasi Kejati Jabar atas Ditangkapnya Terpidana Pembobo...

Bandung Minggu, 24 Januari 2021 | 18:41 WIB

bjb syariah Appresiasi Kejati Jabar atas Ditangkapnya Terpidana Pembobol Bank

Bandung Raya - Bandung, bjb syariah Apresiasi Kejati Jabar atas Ditangkapnya Terpidana Pembobol Bank, pembobol bank bjbs,Andy Winarto,Penangkapan Andy Winarto,Kejati Jabar,bank bjbs,bjbs

Antapani, Buahbatu, dan Lengkong, 3 Kecamatan dengan Kasus Aktif Covid...

Bandung Minggu, 24 Januari 2021 | 15:32 WIB

Tiga kecamatan tersebut adalah Antapani, Buahbatu, dan Lengkong.

Bandung Raya - Bandung, Antapani, Buahbatu, dan Lengkong, 3 Kecamatan dengan Kasus Aktif Covid Tertinggi di Bandung, kasus positif aktif Covid-19 tertinggi di Bandung,kasus positif aktif Covid-19 tertinggi,Pusat data dan informasi Covid-19 Kota Bandung,kasus Covid -19 kumulatif Kota Bandun,Ahyani Raksanegara

Berbagai Alasan, 1.151 Nakes dan Petugas Penunjang di Bandung Absen Di...

Bandung Minggu, 24 Januari 2021 | 15:03 WIB

Penyebabnya berbagai macam di antaranya tidak lolos di tahap pemeriksaan kesehatan

Bandung Raya - Bandung, Berbagai Alasan, 1.151 Nakes dan Petugas Penunjang di Bandung Absen Divaksin, Vaksinasi Nakes Covid-19,vaksinasi nakes di Kota Bandung,Ahyani Raksanegara,absen divaksinasi,penyuntikkan vaksin Covid-19

Memahami Penyebab Angin Puting Beliung

Bandung Minggu, 24 Januari 2021 | 13:06 WIB

Memahami Penyebab Angin Puting Beliung

Bandung Raya - Bandung, Memahami Penyebab Angin Puting Beliung, penyebab puting beliung,Angin Puting Beliung,Puting Beliung,cumulonimbus,awan cumulonimbus,bmkg,musim pancaroba

Gugur Saat Tugas, Roy Febrianto Diberi Kenaikan Pangkat Luar Biasa

Bandung Minggu, 24 Januari 2021 | 12:47 WIB

SK kenaikan pangkat bernomor 44/I/2021 tersebut dibacakan oleh Komandan Dodik Bela Negara Kodam III/Siliwangi Letkol (In...

Bandung Raya - Bandung, Gugur Saat Tugas, Roy Febrianto Diberi Kenaikan Pangkat Luar Biasa, Pratu Roy Febrianto,TNI gugur di Papua,TNI ditembak di Papua,TMP Cikutra

Saung Angklung Udjo Terancam Tutup, Ini Kata Disbudpar

Bandung Minggu, 24 Januari 2021 | 10:37 WIB

Saung Angklung Udjo Terancam Tutup, Ini Kata Disbudpar

Bandung Raya - Bandung, Saung Angklung Udjo Terancam Tutup, Ini Kata Disbudpar, Saung Angklung Udjo,Saung Angklung Udjo tutup,Dampak Covid-19,Disbudpar Kota Bandung,Wisata Bandung

Kejaksaan Tangkap Pembobol Bank BUMD Rp 548 Miliar, Pelaku Diamankan d...

Bandung Sabtu, 23 Januari 2021 | 11:38 WIB

Kejaksaan Tangkap Pembobol Bank BUMD Rp 548 Miliar, Pelaku Diamankan di Bali

Bandung Raya - Bandung, Kejaksaan Tangkap Pembobol Bank BUMD Rp 548 Miliar, Pelaku Diamankan di Bali, Andy Winarto,pembobol bank bumd

artikel terkait

dewanpers