web analytics
  

Cirebon Siapkan GOR hingga Gedung Bekas RS Jadi Ruang Isolasi

Kamis, 26 November 2020 14:27 WIB Erika Lia
Umum - Regional, Cirebon Siapkan GOR hingga Gedung Bekas RS Jadi Ruang Isolasi, RSUD Arjawinangun,Tempat Isolasi Pasien Covid-19,Corona Cirebon,covid-19 cirebon,GOR Watubelah

Pemkab Cirebon mempertimbangkan perubahan sementara fungsi GOR Watubelah di Kecamatan Sumber sebagai tempat karantina pasien Covid-19. (dok. Pemkab Cirebon)

CIREBON, AYOBANDUNG.COM -- Pemkab Cirebon mempertimbangkan Gedung Olahraga (GOR) Watubelah di Kelurahan Watubelah, Kecamatan Sumber, dan bangunan eks RSUD Arjawinangun sebagai lokasi isolasi pasien Covid-19.

Rencana itu merupakan antisipasi pembengkakan pasien Covid-19 yang memerlukan penanganan medis. Sejauh ini, sebanyak 2.139 warga Kabupaten Cirebon telah terkonfirmasi Covid-19.

"Nanti pengelolaan oleh RSUD Arjawinangun," kata Sekretaris Daerah Kabupaten Cirebon Rahmat Sutrisno, seperti dilaporkan Ayocirebon.com, Kamis (26/11/2020).

Sebelum itu, kata dia, analisa kebutuhan akan dilakukan lebih dulu. Ketika dipastikan siap, barulah gedung tersebut dimanfaatkan.

Selain bagi pasien yang membutuhkan penanganan medis, gedung tersebut juga diwacanakan sebagai tempat karantina bagi pasien Covid-19 yang tak bergejala.

"Lonjakan warga yang terkonfirmasi positif di Kabupaten Cirebon, salah satunya dipicu banyaknya warga yang tanpa gejala berinteraksi dengan orang lain," terangnya.

Karena itu, pasien positif tanpa gejala akan mendapat perawatan terpusat agar tak berinteraksi dengan warga lain yang sehat.

Pemkab Cirebon mempertimbangkan perubahan sementara fungsi bangunan eks RSUD Arjawinangun di Kecamatan Arjawinangun sebagai tempat karantina pasien Covid-19. (dok. Pemkab Cirebon)

Direktur RSUD Arjawinangun Bambang Sumardi mengakui, penambahan tempat karantina bagi pasien Covid-19 saat ini menjadi kebutuhan yang mendesak.

"Kami sendiri sudah menambah tempat tidur bagi pasien Covid-19. Tapi ternyata, masih ada pasien lain yang masuk daftar tunggu," ujarnya.

Meski mengagendakan 2 lokasi sebagai tempat karantina, sejauh ini Pemkab Cirebon masih memfokuskan persiapan pada GOR Watubelah.

Bambang menyebut, bangunan eks RSUD Arjawinangun memerlukan banyak perbaikan sehingga memerlukan proses lebih lama dibanding GOR Watubelah untuk digunakan sebagai tempat karantina.

"Jadi sekarang fokus ke GOR Watubelah dulu," ujarnya.

Editor: Fira Nursyabani
dewanpers