web analytics
  

Kekayaan Elon Musk Sekitar Rp1811,2 Triliun

Rabu, 25 November 2020 18:25 WIB Redaksi AyoBandung.Com
Umum - Internasional, Kekayaan Elon Musk Sekitar Rp1811,2 Triliun, Elon Musk,CEO Tesla Elon Musk,Kekayaan Elon Musk

Elon Musk. (REUTERS/Aaron P. Bernstein)

NEW YORK, AYOBANDUNG.COM -- Elon Musk telah mengalahkan salah satu pendiri Microsoft, Bill Gates, sebagai orang terkaya kedua di dunia, menurut Bloomberg Billionaires Index.

Dilansir dari The Verge pada Selasa (24/11/2020), kekayaan bersih CEO Tesla itu sekarang mencapai $128 miliar (Rp 1811,20 T), setelah meningkat sebesar $100 miliar (Rp 1419,125 T) tahun ini. Ada kesenjangan yang cukup besar antara Elon Musk dan tempat nomor satu, yang saat ini diduduki oleh CEO Amazon Jeff Bezos yang dilaporkan memiliki kekayaan bersih sekitar $182 miliar (Rp 2582,807 T). Pada bulan Januari, Elon Musk berada di peringkat ke-35 dalam daftar tersebut.

Kenaikan pesat Elon Musk didorong oleh harga saham Tesla. Perusahaan mobil tersebut saat ini memiliki kapasitas pasar hampir $500 miliar (Rp 7095,625 T), setelah memulai tahun ini dengan nilai di bawah $100 miliar (Rp 1419,125 T).

The Guardian melaporkan bahwa Tesla memiliki kapasitas pasar tertinggi dari semua perusahaan mobil di dunia, meskipun jumlah produksinya jauh lebih kecil dari perusahaan mobil lain yang lebih besar.

Tahun ini Tesla memproduksi sekitar 500.000 mobil, dibandingkan dengan perusahaan besar seperti Toyota yang memproduksi 10 juta mobil. Menurut Bloomberg, sekitar tiga perempat dari kekayaan bersih Musk terdiri dari saham tesla.

Usaha besar Musk lainnya, SpaceX, juga meraih kesuksesan baru-baru ini.

Minggu lalu, perusahaan tersebut mengirim empat astronot ke Stasiun Luar Angkasa Internasional dengan pesawat ruang angkasa Crew Dragon. Penerbangan ini merupakan kali kedua di tahun ini setelah sebelumnya dilakukan pada bulan Mei.

Bill Gates menduduki puncak daftar orang terkaya di dunia selama bertahun-tahun hingga akhirnya tahta tersebut diambil alih oleh Jeff Bezos pada tahun 2017.

Bloomberg mencatat bahwa Bill Gates mungkin akan memiliki kekayaan bersih yang lebih tinggi sekarang jika ia tidak memberikan uangnya untuk amal, termasuk lebih dari $27 miliar (Rp 383,163 T) yang telah disumbangkan melalui Bill & Melinda Foundation sejak 2006.

Bill Gates dan Elon Musk pernah berselisih paham tahun ini. Pada bulan September, Musk mengatakan bahwa Gates tidak tahu apa pun mengenai truk listrik di masa depan, setelah salah satu pendiri Microsoft itu mengatakan bahwa truk semi listrik, kapal kargo listrik, dan jet penumpang, “mungkin tidak akan pernah” praktis.

Awal tahun ini Gates mengatakan pada CNBC bahwa Musk harus berhenti membuat prediksi besar mengenai tempat asing (ruang angkasa), setelah sebelumnya CEO Tesla tersebut meremehkan resiko pandemic COVID-19.

Minggu lalu, Elon Musk menyusul CEO Facebook Mark Zuckerberg sebagai orang terkaya di peringkat ketiga di Indeks Miliarder. Zuckerberg jatuh ke peringkat kelima setelah ia disusul oleh pengusaha Prancis Bernard Arnault. (Ani Siti Nur’aeni Wahidah / Magang)

Editor: Andres Fatubun

artikel terkait

dewanpers