web analytics
  

Demi Keamanan dan Kenyamanan, "It's Okay to be Lebay"  

Rabu, 25 November 2020 16:48 WIB Redaksi AyoBandung.Com
Gaya Hidup - Sehat, Demi Keamanan dan Kenyamanan, "It's Okay to be Lebay"  , Gojek,GoFood,Gocar

Bagian luar kendaraan disemprot disinfektan untuk memastikan kondisi kendaraan bersih dan steril. (Gojek)

BANDUNG, AYOBANDUNG.COM -- "It's Okay to be Lebay" begitulah inti pesan yang disampaikan oleh Head Regional Corporate Affairs Gojek Region Jawa Barat, Arum Prasodjo, saat mengajak sejumlah wartawan melihat penerapan protokol kesehatan Gojek bagi para mitranya di Bandung, Rabu (25/11/2020).

Pesan tersebut diterapkan secara detil dan tertib prosedur dalam inisiatif J3K kependekan dari Jaga Kesehatan, Kebersihan, dan Keamanan.

Dalam hal kesehatan, setiap mitra driver baik kendaraan roda empat dan dan dua diwajibkan melalui pengukuran suhu tubuh di titik Posko Aman J3K yang tersebar di 11 titik di Kota Bandung. Salah satunya berada di Jalan Supratman di samping Taman Persib. 

Jika suhu tubuh tidak memenuhi persyaratan, maka mitra dianjurkan untuk beristirahat. Secara otomatis juga, akun mitra dimatikan untuk sementara sehingga tidak menarik penumpang.

Selain kesehatan mitranya, kendaraan yang digunakan pun harus dijamin kebersihannya. 

Bagian luar kendaraan disemprot disinfektan untuk memastikan kondisi kendaraan bersih dan steril. Sedangkan di bagian dalamnya, kursi driver dibatasi oleh sekat plastik atau mika. Bentuk dan ukuran pembatas ini disesuaikan dengan jenis kendaraan. Tak cuma itu, para mitra gocar melengkapi kendaraannya dengan benda-benda wajib sejak pandemi. Di antaranya hand sanitizer, tisu basah, dan tisu kering. 

IMG-20201125-WA0015

Sementara bagi mitra goride, penyekat berada di punggung driver. Inovasi terbaru, helm mitra pun kini ditambahi face shield yang menutupi hingga ke bagian bawah dagu. Mitra goride memang menyediakan helm yang di-disinfektan sehabis digunakan, namun disarankan penumpang menggunakan helm sendiri.

"Semua layanan ini disedikan secara cuma-cuma, kami tidak membebankan biaya tambahan pada mitra," jelas Arum.

Untuk menjamin keamanan dan kenyamanan mitra, Gojek menyediakan fitur Ceklis Protokol J3K dan Selfie Verifikasi Masker sebagai syarat wajib setiap akan beroperasi.

Pada fitur Ceklis Protokol J3K, mitra wajib menyatakan bahwa ia dalam keadaan sehat, rutin mencuci tangan, telah mendisinfeksi kendaraan, akan menjaga jarak selagi menunggu orderan, dan menggunakan masker. 

Kemudian mitra diwajibkan melakukan foto Verifikasi Masker dengan cara berfoto selfie guna memastikan bahwa ia menggunakan masker dengan cara yang tepat dan sesuai dengan protokol kesehatan.

Sesudah semuanya dinyatakan aman, status kesiapan mitra dan kendaraannya akan tersaji lewat profil mitra driver yang dapat diakses saat melakukan pemesanan layanan GoRide/GoCar.

Inisiatif J3K ini tak bisa dilakukan sendirian, perlu juga dukungan dari penumpang. 

"Jadi kalau driver sudah dinyatakan aman dan memakai masker, tapi dia mendapat penumpang yang tidak memakai masker bisa di-cancel. Dan itu tidak mempengaruhi nilai mitra. Begitu juga sebaliknya, penumpang berhak membatalkan perjalanan jika mendapatkan mitra yang tak memakai masker," tandas Arum.

IMG-20201125-WA0018

J3K di Mitra Merchant GoFood
Penerapan J3K secara detil dan tertib prosedur ini pun dipertunjukkan di food merchant mitra GoFood. Misalnya di Gama Ikan Bakar & Seafood Bandung di Jalan Sumatera Bandung.

Sang pemilik, Isabella Sastra, mengatakan seusai anjuran dari pemerintah, pengecekan suhu tubuh, penyediaan tempat cuci tangan dan hand santizer, jaga jarak, serta pembatasan pengunjung sudah menjadi kebiasaan baru. Namun tidak banyak yang tahu, bagaimana protokol kesehatan tetap "berlaku" pada sebuah pesanan sejak di-order hingga di terima pemesan. 

Mitra yang mendapatkan pesanan akan diperiksa suhu tubuh, diminta menggunakan hand sanitizer atau cuci tangan sebelum menghampiri bagian pemesanan.

Setelah menyampaikan pesanan, mitra diminta menunggu di ruangan khusus. Sebagai catatan, Gojek mendorong pelanggan untuk bertransaksi secara nontunai lewat GoPay dan PayLater untuk mengurangi kontak fisik langsung.

Pesanan kemudian diolah. 

Isabella mengajak wartawan bergiliran ke bagian dapur untuk menyaksikan langsung bagaimana protokol kesehatan yang diterapkan oleh juru masak.

"Semuanya (juru masak) menggunakan masker dan sarung tangan plastik. Kami juga memastikan bahwa dapur ini bersih, begitu juga penyediaan bahan baku dilalui dengan prosedur yang ketat. Beberapa bahan makanan dipindai menggunakan UV," katanya.

Setelah matang, pesanan dikemas dalam kotak makanan dan dimasukan dalam tas plastik transparan dan diberi plester segel. Segel ini untuk memastikan bahwa kotak makanan tidak dibuka oleh siapapun dalam proses pengiriman hingga sampai kepada pemesan. 

 

Editor: Andres Fatubun

terbaru

Benarkah Orang Gemuk Pertanda Tidak Sehat? Cek Faktanya

Sehat Senin, 25 Januari 2021 | 13:19 WIB

Memiliki berat badan berlebihan atau obesitas membuat orang tidak percaya diri.

Gaya Hidup - Sehat, Benarkah Orang Gemuk Pertanda Tidak Sehat? Cek Faktanya, orang gemuk,obesitas,kelebihan berat badan,Olahraga,penurunan berat badan,berat badan berlebih

Perempuan Wajib Jaga Kesehatan dengan 5 Makanan Ini

Sehat Senin, 25 Januari 2021 | 13:16 WIB

Perempuan rentan terkena penyakit jika pemenuhan gizi salah atau tidak seimbang.

Gaya Hidup - Sehat, Perempuan Wajib Jaga Kesehatan dengan 5 Makanan Ini, kesehatan perempuan,makanan perempuan,gizi perempuan,Bawang Putih,ikan salmon,Cokelat Hitam,kenari

Gatal di Selangkangan Bisa Jadi Gejala Diabetes, Segera Lakukan Hal In...

Sehat Senin, 25 Januari 2021 | 12:00 WIB

Diabetes adalah masalah kesehatan yang bisa memicu kondisi kronis. Seseorang bisa berisiko memiliki gula darah tinggi ka...

Gaya Hidup - Sehat, Gatal di Selangkangan Bisa Jadi Gejala Diabetes, Segera Lakukan Hal Ini!, Diabetes,Gajala diabetes,Diabetes Tipe 2,gatal di selangkangan,mencegah diabetes,Obat Diabetes

Ragam Camilan yang Ideal untuk Anak

Sehat Senin, 25 Januari 2021 | 11:55 WIB

Ada banyak sekali jenis camilan yang beredar di pasaran. Ada pula yang tidak ideal untuk dikonsumsi anak-anak.

Gaya Hidup - Sehat, Ragam Camilan yang Ideal untuk Anak, Camilan untuk anak,Camilan sehat untuk anak,Camilan ideal untuk anak,Camilan anak,Anak sehat,makanan sehat untuk anak

Hari Gizi Nasional, Ini 10 Bahaya Kekurangan Nutrisi

Sehat Senin, 25 Januari 2021 | 10:33 WIB

Setiap 25 Januari diperingati sebagai Hari Gizi Nasional.

Gaya Hidup - Sehat, Hari Gizi Nasional, Ini 10 Bahaya Kekurangan Nutrisi, hari gizi Nasional,kekurangan nutrisi,makanan bergizi,nutrisi bergizi,Makanan sehat untuk jantung

Menyeruput Kopi Ternyata Bisa Turunkan Risiko Sakit Jantung

Sehat Senin, 25 Januari 2021 | 10:30 WIB

Kebiasaan menyeruput kopi hitam ternyata dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Hal ini diungkapkan oleh sekelompok t...

Gaya Hidup - Sehat, Menyeruput Kopi Ternyata Bisa Turunkan Risiko Sakit Jantung, sakit jantung,Serangan Jantung,mencegah sakit jantung,mencegah serangan jantung,Manfaat Kopi,bahaya kopi,Menyeruput Kopi

Cara Menghadapi Mertua yang Suka Mendominasi

Sehat Senin, 25 Januari 2021 | 10:24 WIB

Sebagian perempuan beruntung memiliki mertua yang menyayanginya seperti anak sendiri. Sementara, sebagian lain masih mer...

Gaya Hidup - Sehat, Cara Menghadapi Mertua yang Suka Mendominasi, cara menghadapi mertua,cara menghadapi mertua keras kepala,menghadapi mertua,mertua,konflik mertua dan menantu,mertua galak

Tips Hindari Pegal Saat WFH

Sehat Senin, 25 Januari 2021 | 09:47 WIB

Work from home (WFH) sepanjang hari di atas kasur mungkin dapat membuat rileks. Namun, posisi duduk santai di atas kasur...

Gaya Hidup - Sehat, Tips Hindari Pegal Saat WFH, WFH,Mengatasi pegal saat WFH,WFH Antipegal,Pegal gara-gara WFH,WFH Sehat

artikel terkait

dewanpers