web analytics
  

Kampung Cileutik: Kampung Kumuh yang Jadi Kampung Wisata

Rabu, 25 November 2020 15:10 WIB Dudung Ridwan
Bandung Raya - Soreang, Kampung Cileutik: Kampung Kumuh yang Jadi Kampung Wisata, Kampung Wisata Cileutik,Bedah Kampung Kabupaten Bandung,kampung kumuh

Kades Pananjung, Iis Sutiarsih, di Kampung Wisata Cileutik. (Setyo Pramono)

SOREANG, AYOBANDUNG.COM – Kampung Cileutik RT 05 RW 10 Desa Pananjung Kecamatan Cangkuang, Kabupaten Bandung sebelum tahun 2017 merupakan kampung kumuh dan jorok. Siapa pun yang sudah mengunjunginya pasti akan malas mengunjunginya lagi.

Dari 40 kepala keluarga yang menghuninya hanya ada satu tempat mandi, cuci, dan kakus (MCK). “Satu-satunya MCK itu pun tidak layak pakai. Dindingnya terbuat dari karung yang ditempel-tempel,” kenang Ibu Iis Sutiarsih, Kepala Desa Pananjung, ketika dihubungi di kantornya, Rabu, 25/11/2020.

Menurut Kades yang menjabat untuk kedua kalinya itu, Kampung Cileutik adalah kampung yang paling kumuh di antara 5 (RW) kampung kumuh di wilayahnya.

“Tetapi, Alhamdulillah pada 2017 kampung ini terpilih dalam program ‘Bedah 1.000 Kampung di Kabupaten Bandung’,” katanya.

Ya, kampung ini masuk dalam proyek yang digagas Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Pertanahan (Disperkimtan) Kabupaten Bandung berbarengan dengan bedah kampung di tempat lainnya, seperti Kampung Wangun Desa Pasirmulya, Banjaran; Kampung Cilodong, Paseh, Kampung Cibuluh, Pangalengan.

Kampung ini ni juga ditata dari segi infrastruktur jalan, listrik, penataan lingkungan permukimannya termasuk perbaikan-perbaikan rumah tidak layak huni.

Kini, Kampung Cileutik menjadi salah satu kampung wisata di Kabupaten Bandung. Hampir setiap hari ada saja yang berkunjung ke tempat ini. Ya, terutama hari Sabtu dan Minggu, banyak wisatawan yang berkunjung untuk sekadar botram atau foto bareng-bareng.

“Udaranya sejuk. Pemandangan ke bawahnya indah. Dari 40 rumah, yang dibedah baru 28 rumah. Insya Allah ke depannya akan dibangun home stay, tempat orang menginap,” pungkasnya.

Editor: Dudung Ridwan
dewanpers