web analytics
  

Modus Dekati ART, Pria di Bandung Gasak Jam Tangan Mewah

Rabu, 25 November 2020 12:06 WIB Fichri Hakiim
Bandung Raya - Bandung, Modus Dekati ART, Pria di Bandung Gasak Jam Tangan Mewah, pencurian Bandung,Pencurian jam tangann mewah,Kriminal Bandung

Barang bukti jam tangan mewah yang dicuri tersangka. (Ayobandung.com/Fichri Hakiim)

SUMUR BANDUNG, AYOBANDUNG.COM -- Satreskrim Polrestabes Bandung mengamankan seorang pria yang melakukan tindak pencurian dengan modus mendekati asisten rumah tangga. Dalam kasus ini, pria tersebut mencuri jam tangan mewah seharga puluhan juta rupiah.

Kasatreskrim Polrestabes Bandung Kompol Adanan Mangopang mengatakan, sebanyak 8 buah jam tangan mewah dicuri pelaku.

"Wanita berinisial SKR yang bekerja sebagai asisten rumah tangga diamankan polisi, karena mencuri jam tangan senilai puluhan juta milik majikannya. Pelaku melakukan aksinya lantaran tergiur oleh rayuan pelaku lainnya berinisial VA. Akibat aksi pelaku, korban menderita kerugian mencapai Rp 1 miliar," ujarnya di Polrestabes Bandung, Rabu (25/11/2020).

Adanan menjelaskan, aksi pelaku bermula ketika VA mendekati SKR yang bekerja di perumahan mewah yang terletak di Kecamatan Babakan Ciparay, Kota Bandung.

Dalam proses mendekati SKR selama sekitar satu bulan, VA mengaku sebagai haji yang dapat mengobati penyakit karena diguna-guna. Kemudian, VA pun menjalin hubungan asmara dengan SKR.

"Modusnya VA ini mendekati pembantu rumah tangga yang bekerja di rumah mewah, untuk mengobati penyakit diperlukan pembersihan terhadap barang-barang milik korban dan meminta kepada asisten rumah tangga untuk mengambil barang-barang milik majikannya," jelas Adanan.

Lalu korban melaporkan kasus ini ke pihak polisi dan dilakukan rangkaian proses penyelidikan. Berdasarkan rekaman CCTV, polisi mengamankan SKR lalu selanjutnya VA di wilayah Jakarta.

Menurut pengakuan VA kepada polisi, iamengaku telah menjual jam tangan hasil curian kepada pengepul melalui perantara RJ yang masih berstatus DPO. 

"Satu jam tangan ada yang harganya Rp 76 juta, ini semuanya jam tangan mewah yang harganya sampai ratusan juta rupiah, seperti Rolex, Tag Heuer, Seven Friday, Vostock dan Panerai," katanya.

Polisi lalu membekuk dua pengepul yakni BY dan RR. Adanan menuturkan, diperkirakan tak hanya jam tangan saja yang dicuri, tapi masih ada barang berharga lainnya.

Hingga saat ini polisi masih melakukan pengembangan terkait kasus ini. Pelaku pun diduga telah lama melakukan aksi kejahatannya. "Sementara yang kita dapatkan itu jam tangan, kami yakin ada benda berharga lainnya," tuturnya.

Akibat perbuatannya, SKR dan VA disangkakan Pasal 362 juncto Pasal 55 KUHPidana dan diancam kurungan 5 tahun penjara. Sementara, BY dan BR disangkakan Pasal 480 KUHPidana.

Editor: Fira Nursyabani

artikel terkait

dewanpers