web analytics
  

Pandemi Covid-19, Ubah Total Rutinitas Pesepak Bola

Senin, 23 November 2020 22:27 WIB Eneng Reni Nuraisyah Jamil
Persib - Maung Bandung, Pandemi Covid-19, Ubah Total Rutinitas Pesepak Bola, Persib Bandung,Zalnando

Pemain bertahan Persib Bandung, Zalnando. ([email protected])

SUMUR BANDUNG, AYOBANDUNG.COM -- Pandemi Covid-19 hampir membuat rutinitas para pesepak bola profesional Indonesia berubah total. Sejak kompetisi ditangguhkan pada pertengahan Maret 2020 akibat pandemi yang melanda Indonesia, para pesepak bola mengalami keterbatasan untuk menggelar latihan kolektif hingga pertandingan.

Bagaimana tidak? Hampir sembilan bulan lamanya kompetisi sepak bola Indonesia hilang dari layar kaca. Program televisi Tanah Air tak lagi diramaikan dengan duel-duel panas tim sepak bola. Dari Liga 2 hingga Liga 1 2020 dibuat mati suri akibat wabah yang berkepanjangan.

Mau tak mau para pesepak bola mengalihkan fokus dari kesibukan awalnya di lapangan hijau. Alasannya apa lagi, selain tak dapat berkompetisi akibat virus corona.

Pemain bertahan Persib Bandung, Zalnando mengatakan, imbas pandemi covid-19, timnya kembali diliburkan hingga Januari 2021. Alhasil, dirinya hanya bisa berlatih mandiri di kediamannya. 

Namun selain hanya bisa menggelar latihan mandiri, bek sayap Tim Maung Bandung itu pun mulai mengalihkan fokus dengan melanjutkan kuliah dan berwirausaha. Di tengah pandemi ini, Zalnando membuka usaha foodtruck dengan merek Rendangpedia. Pasalnya, saat ini pemasukannya menyusut tajam usai, klub menerapkan kebijakan pemotongan gaji 75% untuk seluruh pemain dan staf pelatih akibat tak adanya kompetisi resmi.

"Ya latihan sendiri, saya juga kuliah juga kan, sama (buka usaha) foodtruck aja," kata Zalnando, Senin (23/11/2020).

Bek berusia 24 tahun itu mengaku, di masa pandemi covid-19 yang belum terlihat ujungnya ini, investasi menjadi modal untuk menatap masa depan. Pasalnya, pandemi virus corona ini berhasil merusak kestabilan berbagai lini kehidupan, mulai dari sektor kesehatan hingga perekonomian di masyarakat.

"Iya, (buka usaha) salah satu jalan untuk membangun investasi jangka panjang," kata pesepak bola asal Cimahi, Jawa Barat.

Sebagai wirausahawan baru yang merintis di tengah pandemi, Zalando sering berdiskusi dengan sesama pemain di tim yang lebih dulu membuka usaha.

Di skuat Pangeran Biru, ada beberapa pemain yang telah berkecimpung cukup lama di dunia usaha. Sebut saja Kim Jeffrey Kurniawan, Dedi Kusnandar, Nick Kuipers, hingga Zulham Zamrun. 

"Iya sering diskusi, sharing-sharing juga. Ya pasti lah sesama buka usaha mah pasti sharing," kata Zalnando.

ke depan, Zalnando mengaku, akan mengembangkan konsep bisnisnya. Selain merintis usaha dengan konsep foodtruck, dirinya juga akan membuat kedai hingga cabang agar semakin memanjakan konsumen.

"Kalau foodtruck ini mah cuma bikin satu sengaja saya bikin. (Outlet) belum tahu tapi tahun depan target mah buka outlet. Ya tapi nanti mah kalau sudah jadi mau franchise juga, kalau sudah jalan mah. Tapi kalau sekarang mah fokus buka cabang aja dulu," ujarnya.

Editor: Dadi Haryadi

artikel terkait

dewanpers