web analytics
  

Pemasukan Terimbas Pandemi, Bek Persib Buka Usaha Kuliner Foodtruck

Senin, 23 November 2020 20:58 WIB Eneng Reni Nuraisyah Jamil
Persib - Maung Bandung, Pemasukan Terimbas Pandemi, Bek Persib Buka Usaha Kuliner Foodtruck, Persib Bandung,Zalnando,Foodtruck,Kuliner

Pemain bertahan Persib Bandung, Zalnando. ([email protected])

SUMUR BANDUNG, AYOBANDUNG.COM -- Pandemi covid-19 menjadi ujian untuk hampir seluruh masyarakat, tak terkecuali bagi para pesepak bola profesional Tanah Air. Bagaimana tidak? Untuk mereka yang terbiasa menggocek si kulit bundar, pandemi covid-19 memberikan pukulan besar terhadap sumber pemasukan mereka.

Sejak pandemi covid-19 muncul Maret lalu, kompetisi sepak bola Indonesia dibuat mati total, seluruh aktivitas sepak bola dibuat mati suri karena kasus covid-19 yang belum teratasi di Indonesia.

Mau tak mau, demi menjaga roda perekonomian keluarga, mayoritas para pesepak bola banting stir menjadi wirausahawan. Mulai dari merintis bisnis di bidang fesyen, kuliner, alat-alat olahraga, jasa, properti hingga berjualan online mereka geluti.

Pemain bertahan Persib Bandung, Zalnando pun mencoba upaya yang sama. Bek sayap berusia 24 tahun itu mulai mengembangkan bisnis kulinernya yang sebelumnya dijajakan secara online.

Demi menambah pundi-pundi penghasilannya selama pandemi Covid-19, eks penggawa PSMS Medan itu pun membuka usaha foodtruck dengan merek Rendangpedia. Maklum, saat ini pemasukan dari klub sebagai pesepak bola mengalami pemotongan sekitar 75% akibat tak adanya kompetisi resmi.

"Ya alhamdulillah lancar, ramai juga. Ya tadi buka di Siliwangi juga buka pakai foodtruck," kata Zalnando, Senin (23/11/2020).

Zalnando juga mengaku, memilih konsep foodtruck karena telah bercita-cita mempunyai usaha dengan konsep foodtruck. Apalagi untuk merintis usaha dengan konsep ini tak dibutuhkan budget super besar laiknya usaha kuliner yang harus menyewa atau membangun sebuah kedai atau restoran khusus. Di usahanya ini Zalnando pun memiliki foodtruck dengan mobil tipe VW Combi.

"Awalnya mah udah dari dulu suka clasic, combi juga kan besar, rata-rata (usaha foodtruck) pakai VW combi orang orang juga. Enggak semua sih pake VW combi, cuma ya kata saya mah beda aja pakai VW combi mah lebih klasik," katanya.

Demi menarik perhatian masyarakat dalam berwirausaha di tengah pandemi, Zalnando pun menawarkan promo diskon sebesar 20% dari harga makanan yang dibanderol sekitar Rp20.000 sampai Rp29.000.

Apalagi menjalankan bisnis di tengah pandemi menjadi satu tantangan karena kondisi perekonomian yang tidak stabil. Banyak masyarakat yang terkena dampak pandemi. Entah kehilangan pekerjaan, gaji tidak dibayar, atau dipotong dalam persentase tertentu. Karenanya, kemampuan daya beli masyarakat sedikit menurun selama pandemi.

"Kita ada promo 20%. Menu di sini juga ada Sandwich rendang, agliolio rendang, spageti rendang, ketang goreng dikasih rendang sosis, sisanya renang daging, ayam, jengkol, dan abon," kata Zalnando.

Untuk menu andalan di bisnis kulinernya ini, Zalnando mengaku triple dipped rendang dan sandwich rendang. Menurut Zalnando menu itu cukup banyak digemari karena memiliki konsep akulturasi budaya dari menu western dan nusantara.

Di sisi lain, demi memberikan dukungan untuk berwirausaha selama pandemi, para pemain Persib lain pun turut hadir dalam pembukaan bisnis Zalnando tersebut.

"Yang datang ada Nick (Kuipers) sama Aziz (Lutfi Akbar), Kim (Jeffrey Kurniawan), dokter Persib (Raffi Ghani) pengurus juga, Beni (Fisioterapi Persib), Erwin (Ramdani), masih banyak," ujarnya.

Editor: Dadi Haryadi

artikel terkait

dewanpers