web analytics
  

Ketua PWI Jabar Dorong Pemerintah Perhatikan Pers Bahasa Sunda

Selasa, 24 November 2020 18:29 WIB Mildan Abdalloh
Umum - Regional, Ketua PWI Jabar Dorong Pemerintah Perhatikan Pers Bahasa Sunda, Budaya Sunda,Pop Sunda,Sunda,Persatuan Wartawan Indonesia (PWI),PWI Jawa Barat

Ketua PWI Jawa Barat, Hilman Hidayat. (ayobandung/Mildan Abdalloh)

SOREANG, AYOBANDUNG.COM -- Ketua PWI Jawa Barat, Hilman Hidayat, mendorong pemerintah untuk lebih memperhatikan pers berbahasa daerah.

Hilman mengatakan keberadaan pers berbahasa daerah akan melestarikan bahasa daerah yang saat ini hampir punah. Padahal Indonesia dikenal sebagai negara yang memiliki keragaman bahasa daerah.

"90 persen bahasa daerah sudah punah di Indonesia," tutur Hilman saat Konferwil PWI Kabupaten Bandung, Selasa (24/11/2020).

Salah satu bahasa yang diwaspadai akan punah adalah bahasa Sunda. Hal tersebut dikarenakan generasi muda sudah jarang yang menggunakannya.

Di Jawa Barat sendiri, terdapat sejumlah media massa yang menggunakan bahasa Sunda. Sayangnya sebagian besar belum terverifikasi Dewan Pers.

Di samping itu, media massa berbahasa Sunda juga harus bersaing dengan media massa berbahasa Indonesia sehingga butuh perhatian pemerintah agar keberadaannya tetap eksis.

"Kami berharap agar pemerintah daerah bisa lebih memperhatikan perusahaan pers berbahasa Sunda. Mungkin bisa memberikan subsidi," ujarnya.

Dengan adanya subsidi dari pemerintah, media massa berbahasa Sunda akan lebih dikenal oleh masyarakat.

Editor: Andres Fatubun

artikel terkait

dewanpers