web analytics
  

Erick Thohir Ungkap Alasan Tak Semua Warga Dapat Vaksin Gratis

Selasa, 24 November 2020 16:05 WIB Redaksi AyoBandung.Com
Umum - Nasional, Erick Thohir Ungkap Alasan Tak Semua Warga Dapat Vaksin Gratis, vaksin corona,Vaksin Covid-19 Gratis,Menteri BUMN Erick Thohir

Menteri BUMN Erick Thohir. (Suara.com)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM – Pemerintah telah menyatakan tidak semua masyarakat Indonesia akan menerima vaksin Covid-19 gratis. Pemerintah sendiri memiliki dua klasifikasi vaksin, vaksin pemerintah dan vaksin mandiri.

Vaksin pemerintah akan diberikan secara gratis bagi masyarakat yang berada pada garda terdepan, seperti tenaga medis, TNI, dan Polri. Vaksin mandiri dapat didapatkan oleh seluruh masyarakat yang bersedia membeli sendiri atas kemauannya.

Ketika ditanya perihal kewajiban negara yang harus melindungi dan memberikan vaksin gratis bagi seluruh masyarakatnya, seperti halnya negara Jepang, Menteri BUMN Erick Thohir angkat bicara terkait hal tersebut.

Erick mengatakan, Pemerintah Indonesia sudah memberikan program bantuan yang luar biasa banyaknya kepada masyarakat saat pandemi Covid-19.

“Program seperti Indonesia Sehat, Indonesia Bekerja, juga memberikan subsidi gaji, bantuan sosial, bantuan presiden untuk UMKM, Prakerja, dan masih banyak lagi. Belum lagi ada bantuan listrik dan pulsa,” kata Erick dalam konferensi virtualnya, Selasa (24/11/2020).

Dia mengatakan, saat pandemi, semua pihak harus bergotong royong. Erick juga menekankan bahwa masyarakat harus memiliki keterbukaan terkait mana yang mampu untuk membayar vaksin secara mandiri dan mana yang tidak mampu.

“Masyarakat mampu harus bisa membantu pemerintah dan membantu masyarakat yang kurang mampu,” ujar dia.

Erick menekankan, smeskipun pemerintah tidak bisa memberikan vaksin gratis kepada seluruh masyarakat, namun pemerintah sudah memberikan banyak kebijakan dan bantuan yang meringankan berbagai pihak.

“Saya rasa banyak sekali yang justru ingin berkontribusi kepada pemerintah,” katanya.

Editor: M. Naufal Hafizh

artikel terkait

dewanpers