web analytics
  

Termahal di Dunia, Masker Ini Dihargai Rp22,5 Miliar

Selasa, 24 November 2020 13:54 WIB
Umum - Unik, Termahal di Dunia, Masker Ini Dihargai Rp22,5 Miliar, Masker mahal,Masker termahal di dunia,Masker berlian

Masker termahal di dunia yang dihargai Rp22,5 miliar. (dok. Yvel)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Masker jadi salah satu benda vital di masa pandemi Covid-19. Ini lantaran masker dinilai ampuh menangkal infeksi Covid-19. 

Harga masker juga kini relatif murah dibanding awal-awal pandemi. Keberadaan benda penutup hidung dan mulut ini sempat teramat langka dan membuat harganya melambung tinggi.

Nah, sekarang juga masih ada loh masker mahal nan mewah yang harganya mencapai 1,5 juta dollar AS atau setara Rp22,5 miliar rupiah. Wow fantastis ya!

Mengutip Forbes, Senin (23/11/2020) masker mewah ini diproduksi brand perhiasan mewah Israel, Yvel. Bukan bahan biasa, makser ini terbuat dari mutiara dan berhiaskan berlian.

Jika Anda berpikir masker ini diproduksi massal, jelas keliru. Masker yang diklaim sebagai masker termahal di dunia ini adalah pesanan khusus klien Yvel. Klien ini adalah seorang pengusaha sekaligus kolektor benda seni Cina yang tinggal di Los Angeles.

Klien tiba-tiba datang dengan ide ingin memproduksi satu-satunya masker pelindung virus yang berhiaskan berlian.

"Dia pelanggan lama saya. Dia mengenal Yvel sejak 2008. Dia mengunjungi kami di Israel dan tahu apa yang kami lakukan," ujar Levy pemilik sekaligus pendiri Yvel.

Yvel selain sebagai brand fashion, juga sebagai tempat bersekolah untuk mendidik dan melatih skill para imigran Ethiopia. Total karyawan Yvel 90% di antaranya adalah imigran dari 23 negara.

Sebelum dan selama pandemi Yvel memang tidak pernah menerima sumbangan untuk menghidupi para imigran tersebut. Tapi klien yang enggan Levy sebutkan namanya itu memilih memberikannya tugas, yaitu membuat masker termahal dan termewah.

Hanya ada 3 syarat yang diajukan klien Levy, yaitu:

1. Masker harus 100% berfungsi sama seperti masker medis N99, yang standarnya sudah diakui badan pengawas obat dan makanan AS (FDA).

2. Masker harus selesai dan dikirim sebelum 31 Desember 2020.

3. Harus jadi masker pelindung paling mahal di dunia.

Melihat syaratnya, Levy hanya yakin bisa memenuhi persyaratan terakhir, tapi untuk 2 syarat sebelumnya harus membutuhkan kerja keras ekstra. Ini karena ia harus membuat masker dari bahan mewah, tapi juga nyaman dipakai.

"Dalam bisnis kalau tidak ada tantangan tidak menyenangkan. Itu adalah proyek yang sangat bagus, menarik dan bermanfaat," ungkap Levy.

Levy kemudian merekrut 25 perajin untuk membuat berlian terbaik. Para pengrajin ini bekerja selama 3 bulan untuk proyek ini.

Hasilnya masker berhasil dibuat dengan harga 1,5 juta dollar, punya fungsi yang diinginkan, tapi juga terbuat dari 250 gram emas 18 karat, berhiaskan 3.608 berlian hitam dan putih dengan berat total 210 karat.

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Suara.com.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: Fira Nursyabani
dewanpers