web analytics
  

10 Cara Cegah dan Redakan Sakit Ginjal, Minum Air hingga Terapi Panas

Selasa, 24 November 2020 12:13 WIB Redaksi AyoBandung.Com
Gaya Hidup - Sehat, 10 Cara Cegah dan Redakan Sakit Ginjal, Minum Air hingga Terapi Panas, ginjal,Infeksi ginjal,infeksi saluran kemih (ISK),cara mencegah gagal ginjal,cara mengobati sakit ginjal

[Ilustrasi] Banyak minum air mineral, salah satu cara mencegah infeksi ginjal. (Pixabay)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Infeksi ginjal adalah kondisi medis serius yang harus segera mendapatkan perawatan. Infeksi ginjal umumnya diawali dengan infeksi saluran kemih (ISK) atau infeksi kandung kemih yang kemudian menyebar ke salah satu atau kedua ginjal.

Beberapa orang lebih suka menangani kondisi medis dengan pengobatan rumahan atau pengobatan alternatif.

Karena infeksi ginjal sangat berpengaruh serius terhadap kesehatan, penting bagi Anda untuk tidak mengandalkan pengobatan rumahan.

Sebaliknya, Anda harus meminum resep antibiotik yang diberikan dokter. Adapun pengobatan rumahan bisa digunakan untuk membantu meringankan gejala atau rasa sakit. Anda juga dapat menggunakan pengobatan rumahan untuk menghindari ISK dan meningkatkan fungsi ginjal.

Melansir dari Healthline, berikut adalah pengobatan dan pecegahan infeksi ginjal yang dapat Anda lakukan di rumah:

1. Air Mineral

Minum banyak air dapat membantu mengeluarkan bakteri dari tubuh, membantu infeksi lebih cepat dihilangkan, dan dapat membantu membersihkan sistem saluran kemih.

Minum banyak air juga bisa membantu mencegah ISK yang bisa berujung pada infeksi ginjal. Usahakan minum setidaknya 8 gelas cairan setiap hari.

2. Minum jus cranberry

Jus cranberry telah lama digunakan sebagai obat untuk ISK dan infeksi kandung kemih. Ada beberapa bukti bahwa minum jus cranberry dapat membantu atau mencegah ISK pada beberapa orang.

Banyak orang lebih menyukai rasa manis jus cranberry daripada air, membantu mereka minum lebih banyak. Namun, jus cranberry yang penuh dengan pemanis tambahan tidak baik untuk Anda. Suplemen cranberry atau jus cranberry murni adalah cara yang lebih sehat untuk mendapatkan manfaat cranberry.

3. Hindari alkohol dan kopi

Peran ginjal yang paling penting adalah menyaring zat dan racun berbahaya, sedangkan alkohol dan kafein membuat ginjal bekerja ekstra. Ini dapat menghambat proses penyembuhan dari infeksi. Alkohol dan antibiotik juga tidak boleh dicampur. Karena itu, hindari alkohol selama perawatan kesehatan.

4. Konsumsi probiotik

Probiotik memiliki dua manfaat besar dalam pengobatan infeksi ginjal. Pertama, probiotik akan membantu menjaga bakteri sehat tubuh Anda, meskipun antibiotik dapat menyingkirkan bakteri "baik" dan "jahat".

Ada juga bukti bahwa probiotik dapat membantu ginjal memproses bahan limbah yang membuat fungsi ginjal semakin optimal. Semakin baik fungsi ginjal, semakin efektif pengobatan yang sedang Anda lakukan.

5. Konsumsi vitamin C

Vitamin C adalah antioksidan kuat yang membantu melindungi jaringan dalam tubuh dari stres oksidatif, yang secara otomatis membantu meningkatkan kesehatan ginjal. Ada juga penelitian sebelumnya yang menunjukkan bahwa vitamin C dapat mencegah jaringan parut ginjal selama infeksi ginjal akut dan meningkatkan enzim di dalam ginjal. Anda bisa mengonsumsi suplemen vitamin C atau makanan yang padat nutrisi.

6. Cobalah jus peterseli

Jus peterseli adalah diuretik padat nutrisi yang dapat meningkatkan frekuensi dan jumlah buang air kecil. Ini dapat membantu mengeluarkan bakteri di ginjal lebih cepat, membuat antibiotik menjadi lebih efektif. Jika tidak menyukai rasa peterseli secara langsung, Anda bisa mencampurkannya menjadi smoothie dengan buah-buahan beraroma kuat, termasuk cranberry atau blueberry untuk hasil terbaik.

7. Konsumsi apel

Apel kaya nutrisi. Kandungan asamnya yang tinggi dapat membantu ginjal mempertahankan keasaman dalam urine, yang kemungkinan dapat menghambat pertumbuhan bakteri lebih lanjut. Apel juga memiliki sifat antiinflamasi, yang mungkin bermanfaat dalam membantu penyembuhan ginjal setelah infeksi.

8. Mandi garam epsom

Garam epsom dan air hangat dapat meredakan nyeri. Hal ini dapat membantu membuat efek samping infeksi ginjal yang tidak nyaman menjadi lebih mending selama Anda menunggu antibiotik bekerja. cara membuat mandi detoks garam Epsom, serta potensi efek samping yang perlu diingat.

9. Gunakan pereda nyeri non-aspirin

Pereda nyeri non-aspirin dapat membantu meredakan ketidaknyamanan. Ibuprofen, termasuk Motrin dan Advil, serta asetaminofen (Tylenol) juga dapat membantu meredakan demam yang disebabkan oleh infeksi.

10. Terapi Bantal panas

Sambil menunggu antibiotik masuk, Anda bisa menggunakan terapi panas untuk mengurangi rasa sakit. Oleskan bantalan pemanas atau botol air panas ke area yang terkena, dan biarkan selama sekitar 20 menit setiap kali. (Ariel Teguh Nurahman)

Sumber: Healthline
Editor: M. Naufal Hafizh
dewanpers