web analytics
  

Cegah Kanker Mulut, Periksa Mandiri Selama 2 Menit

Selasa, 24 November 2020 11:32 WIB Redaksi AyoBandung.Com
Gaya Hidup - Sehat, Cegah Kanker Mulut, Periksa Mandiri Selama 2 Menit, Kanker Mulut,Bau Mulut,Merokok,Kesehatan

Ilustrasi. (Anemone123/Pixabay)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Kanker mulut atau dikenal sebagai kanker oral bisa berkembang di permukaan lidah, bagian dalam pipi, langit-langit mulut, bibir, atau gusi. Saat ini belum ada obat yang bisa mengatasi kanker mulut. Namun, diagnosis dini kanker mulut bisa membantu memastikan proses pengobatan yang lebih efektif.

Sebanyak 90% diagnosis kanker mulut terkait dengan gaya hidup dan faktor risiko. Faktor risiko terbesar yang terbukti berperan dalam tertular penyakit, antara lain:

1. Merokok

Tembakau mengubah air liur menjadi campuran berbahaya yang bisa merusak sel-sel di mulut dan mengubahnya menjadi kanker.

2. Alkohol

Peminum berat dan perokok berisiko 30 kali lebih tinggi menderita kanker mulut, karena alkohol membantu menyerap tembakau ke dalam mulut.

3. Diet

Penelitian menunjukkan bahwa pola makan sehat bisa mengurangi risiko kanker mulut. Tentu saja sebaliknya pola diet yang buruk dapat meningkatkan risiko kanker mulut.

4. Human Papilloma Virus (HPV)

Penyakit ini adalah virus yang ditularkan secara seksual dan berkaitan dengan kanker mulut.

Menurut Anna Middleton, ahli kebersihan gigi dan pendiri London Hygienist, banyak kasus kanker mulut yang berkaitan dengan pilihan gaya hidup.

Penyakit ini bisa muncul di beberapa tempat,bibir, lidah, gusi, amandel, dalam pipi, langit-langit dan dasar mulut yang akan mengganggu kehidupan seseorang.

"Kondisi ini bisa memengaruhi pernapasan, makan, minum dan berbicara yang bisa menyebabkan kekurangan nutrisi, depresi, harga diri rendah dan isolasi sosial," kata Anna Middleton dikutip dari Express.

Cara terbaik mengatasi kanker mulut melalui intervensi dini. Jika kanker mulut terdeteksi lebih awal, maka pengobatannya akan lebih efektif dan peluang sembuh masih tinggi.

Anda bisa mendeteksi mandiri kanker mulut hanya menggunakan pencahayaan yang baik, cermin dan tangan bersih. Berikut ini hal-hal yang harus diperhatikan.

Bisul atau bercak merah atau putih di mulut bagian manapun yang tidak sembuh dalam 3 minggu.

Benjolan atau bengkak di bagian mulut, rahang atau leher yang berlangsung lebih dari 3 minggu.

1.  Kesulitan menelan, mengunyah atau menggerakkan rahang dan lidah

2.  Mati rasa di lidah atau area lain di mulut

3.  Sakit tenggorokan kronis atau suara serak yang berlangsung lebih dari 6 minggu

4.  Gigi ompong tanpa sebab

Anda cukup melakukan deteksi dini ini secara berkala selama 2 menit. Jika ada sesuatu yang aneh atau tidak biasa di sekitar mulut, Anda harus segera mengonsultasikannya dengan dokter.

Dengan begitu, dokter yang akan menentukan Anda menderita kanker mulut atau kondisi lain yang memiliki gejala serupa.

Editor: M. Naufal Hafizh

artikel terkait

dewanpers