web analytics
  

Kapolda Baru Jabar: Semua Kegiatan Harus Patuhi Protokol Kesehatan

Selasa, 24 November 2020 11:27 WIB Fichri Hakiim
Umum - Regional, Kapolda Baru Jabar: Semua Kegiatan Harus Patuhi Protokol Kesehatan, Kapolda Jabar Irjen Pol Ahmad Dofiri,Pengamanan Pilkada,Pengamanan libur akhir tahun,protokol kesehatan covid-19

Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Ahmad Dofiri (tengah). (Ayobandung.com/Fichri Hakiim)

GEDEBAGE, AYOBANDUNG.COM -- Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Ahmad Dofiri melakukan pengamanan jelang persiapan Pilkada 2020. Ia mengimbau agar masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan di masa pandemi ini.

"Apa yang disampaikan gubernur tadi, apel kali ini adalah dalam rangka konsolidasi untuk tiga hal, pertama kita lebih fokus dalam penanganan Covid-19 yang kedua persiapan untuk Pilkada serentak dan ketiga adalah pengamanan libur panjang," ujarnya di Polda Jabar, Selasa (24/11/2020).

Terkait dengan penanganan Covid-19, lanjut Dofiri, ia menyampaikan sisi kesehatan harus diperhatikan dan sisi ekonomi pun harus berjalan.

"Maka dari itu cara kita bertindak di lapangan tentunya bagaiman mengkonsolidasikan tadi, intinya kegiatan masyarakat itu harus tetap berjalan tapi satu hal disiplin terhadap protokol kesehatan, saya tegaskan kembali disiplin terhadap protokol kesehatan," tegas Dofiri.

Dalam hal ini, TNI dan Polri mendukung sepenuhnya kebijakan satgas Covid-19 terkait dengan pendisiplinan protokol kesehatan.

"Terkait dengan penanganan disiplin protokol kesehatan tadi dari yang sifatnya teguran, imbauan sampai bila diperlukan penegakan hukum yang lebih tegas. Artinya Undang-Undang sudah jelas ada, Undang-Undang kekarantinaan kemudian wabah penyakit, ada pasal di KUHP dan hal itu akan kita lakukan dengan tegas," ujarnya.

Dofiri menegaskan, kegiatan apapun yang digelar pada masa pandemi ini harus mengutamakan protokol kesehatan. Jika melanggar, akan diberikan hukuman yang tegas.

"Intinya apapun kegiatan di masa pandemi ini harus mengacu pada protokol kesehatan. Jadi sifatnya kumpul dan sebagainya itu ada aturan mainnya dan hukumnya, ini yang harus kita sadari bersama," tuturnya.

Ia juga mengimbau kepada masyarakat agar tetap patuh dan jangan sampai melanggar protokol kesehatan.

"Tentunya saya imbau dalam melaksanakan kegiatan kerumunan atau apapun tetap memperhatikan protokol kesehatan, kalau melanggar itu otomatis kita akan melakukan tindakan hukumnya," katanya.

Editor: Fira Nursyabani

artikel terkait

dewanpers