web analytics
  

Kelurahan Cipadung, Wilayah dan Penduduknya Terkini

Selasa, 24 November 2020 10:37 WIB Redaksi AyoBandung.Com
Bandung Raya - Bandung, Kelurahan Cipadung, Wilayah dan Penduduknya Terkini, Kelurahan Cipadung,Kecamatan Cibiru,Data kelurahan,Data kelurahan di Kota Bandung

Gerakan Pungut Pisah Sampah (GPPS) ASN Kelurahan Cipadung bersama mitra kerja di area Kantor Kelurahan Cipadung (kelurahan_cipadung/Instagram)

BANDUNG, AYOBANDUNG.COM Kelurahan Cipadung yang termasuk dalam Kecamatan Cibiru berada di kawasan timur Kota Bandung.

Cipadung memiliki luas wilayah 1,05 kilometer persegi atau mencakup 16% luas kecamatan.

Berdasarkan data yang diterbitkan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Bandung, Cipadung berada di ketinggian antara 681 meter di atas permukaan air laut.

Secara administratif, Cipadung memiliki 17 Rukun Warga (RW) dan 83 Rukun Tetangga (RT).

Jumlah penduduk Cipadung per semester II tahun 2019, sebanyak 20.085. Dengan rincian jumlah laki-laki sebesar 9.761 dan perempuan 10.324.

Pendidikan dan Kesehatan
Jumlah sekolah dasar yang berada di Cipadung per 2019 adalah tiga sekolah negeri.

Untuk jenjang SMP dan SMA masing-masing terdapat satu sekolah negeri dan satu sekolah swasta.

Terkait layanan kesehatan di Cipadung terdapat satu poliklinik, satu puskesmas tanpa rawat inap, dan dua apotek.

Dalam sektor keuangan, di Cipadung terdapat dua bank umum pemerintah dan satu bank perkreditan rakyat. Selain itu terdapat dua koperasi unit desa (KUD) dan dua koperasi simpan pinjam (Kospin).

Teras Sunda Cibiru
Di wilayah Kelurahan Cipadung terdapat lokasi wisata bernama yaitu Teras Sunda Cibiru.

Teras Sunda Cibiru masih belum dibuka hingga Jumat (16/10/2020). Penutupan dilakukan untuk mencegah penularan Covid-19. (Ayobandung.com/Haidar Arrahman)

Teras Sunda Cibiru merupakan lokasi wisata berbasis seni dan budaya yang dibangun tahun 2017 dan diresmikan setahun kemudian oleh Wali Kota Bandung Oded M. Danial.

Pembangunan Teras Sunda menghabiskan anggaran sekitar Rp7,9 Miliar. Dana tersebut hanya dialokasikan untuk membangun aula, rumah seniman, tempat workshop, dan musala, tanpa menghitung biaya interiornya.  

Sesuai fungsinya sebagai wisata seni, tempat ini diperuntukkan untuk laboratorium budaya kesenian dan seniman Kota Bandung. Selain itu sebagai ruang promosi seni dan budaya Sunda ke mancanegara.

Berbagai fasilitas disediakan di tempat dengan luas 5.600 meter persegi ini. Sejumlah ruang disiapkan untuk menggelar acara seni seperti ruang pembuatan alat, galeri, tempat pentas seni, musala, dan tempat parkir bawah tanah. Pengunjung tidak dipungut biaya alias gratis ketika berkunjung ke Teras Sunda Cibiru.

Sayangnya akibat pandemi, sejumlah fasilitas umum Teras Sunda Cibiru ditutup. Padahal sebelum pandemi merebak, hampir setiap hari pengunjung berlalu lalang di Teras Sunda. Baik yang mengadakan pementasan seni maupun sekadar berfoto.

 

Editor: Andres Fatubun
dewanpers