web analytics
  

5 Orang Diperiksa Polda Jabar Hari Ini, 2 di Antaranya FPI

Selasa, 24 November 2020 10:05 WIB Fichri Hakiim
Umum - Regional, 5 Orang Diperiksa Polda Jabar Hari Ini, 2 di Antaranya FPI, Habib Rizieq langgar protokol kesehatan,Rizieq Shihab Megamendung,Habib Rizieq di Megamendung,Polda Jawa Barat

Gedung Ditreskrimum Polda Jabar. (Ayobandung.com/Fichri Hakiim)

GEDEBAGE, AYOBANDUNG.COM -- Polda Jabar melakukan pemeriksaan terhadap beberapa perangkat daerah berkaitan dengan acara Habib Rizieq Shihab di Megamendung, Kabupaten Bogor. Dijadwalkan, beberapa perangkat daerah dimintai keterangan di Gedung Ditreskrimum Polda Jabar pada Selasa (24/11/2020).

Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Jabar, Kombes Pol Chuzaini Patoppoi, mengatakan sebanyak 5 saksi dan 1 orang ahli akan diperiksa pada hari ini.

"Terkait Megamendung, hari ini ada lima orang saksi yang diklarifikasi dan satu orang ahli. Mudah-mudahan diharapkan hadir ya. Kalau ahli dari ahli epidemiologi. Nanti perkembangan setelah lima saksi dan ahli kita progres," ujar Patoppoi di Polda Jabar.

Patoppoi menjelaskan, dari 5 orang tersebut yang akan diperiksa, akan ada 2 saksi dari pihak FPI. Diketahui, pihak FPI tidak dapar hadir ketika pemeriksaan pada Jumat (20/11/2020) lalu.

"Dari 5 saksi, di antaranya 2 dari pihak FPI, lalu dari petugas RW, kanit pol PP dan puskesmas yang memberikan imbauan dan teguran. Namun, sampai sekarang belum ada konfirmasi dari pihak FPI," jelasnya.

Terkait kehadiran Bupati Bogor Ade Yasin, Patoppoi menuturkan Ade Yasin masih belum bisa hadir. "Bupati tidak bisa hadir, karena masih sakit," katanya.

Berikut 10 orang yang dimintai keterangan terkait dugaan pelanggaran protokol kesehatan:

1. Ade Yasin (Bupati Bogor)

2. Agus (Ketua RW 3)

3. Endi Rismawan (Camat Megamendung)

4. A. Agus Ridallah (Kasatpol PP Pemda Bogor)

5. Habib Muchsin Al Atas ( Panitia /FPI)

6. Kusnadi (Kades)

7. Marno (Ketua RT 1)

8. Alwasyah Sudarman (Kades sukagalih Megamendung)

9. Burhanudin (Sekda Bogor)

10. Aiptu Dadang Sugiana (Babinkamtibmas)

Diberitakan sebelumnya, kegiatan Habib Rizieq di Megamendung, Kabupaten Bogor, menciptakan kerumunan. Dari foto yang beredar, terlihat massa mengabaikan protokol kesehatan dan tidak mengenakan masker.

Akibat kegiatan tersebut, Kapolda Jabar Irjen Pol Rudy Sufahriadi dicopot dari jabatannya karena dinilai tak tegakkan protokol kesehatan. Selain itu, Gubernur Jabar Ridwan Kamil juga menjalani pemeriksaan di Bareskrim Polri.

Editor: Fira Nursyabani
dewanpers