web analytics
  

Sering Ngidam saat Menstruasi, Normalkah? Ini Kata Ahli

Selasa, 24 November 2020 09:46 WIB Redaksi AyoBandung.Com
Gaya Hidup - Sehat, Sering Ngidam saat Menstruasi, Normalkah? Ini Kata Ahli, Menstruasi,Ngidam,Haid,Kesehatan

Menstruasi. (hellosehat.com)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM – Sejumlah perempuan kerap “ngidam” sejumlah makanan saat menstruasi. Apakah hal itu normal?

Ahli Ginekolog bersertifikat di Princeton Medicine Physicians, Shyama Mathews, mengatakan, mengidam saat 'datang bulan' memang kerap dialami beberapa perempuan. Hal ini merupakan kebiasaan yang normal.

"Menjadi lebih lapar dari biasanya adalah normal saat menstruasi, dan penelitian telah menunjukkan bahwa mengonsumsi lebih banyak kalori selama waktu menjelang dan saat menstruasi memang banyak dialami perempuan," ujarnya, melansir popsugar, Selasa (23/11/2020).

Mathews menjelaskan, ada perubahan kadar hormon selama masa menstruasi. Ketika menstruasi dimulai, kadar estrogen turun ke level terendah. Hal ini memicu perempuan untuk makan lebih banyak.

Selain itu, kondisi ini memicu keinginan perempuan makan karbohidrat dan berlemak. Namun, tidak masalah apabila menuruti keinginan itu dari waktu ke waktu.

“Mengidam bisa bermanfaat bagi mereka,” katanya.

Dia menjelaskan, karbohidrat dapat meningkatkan kadar serotonin, yang lebih rendah pada periode pramenstruasi dari siklus seseorang. Namun, dia memperingatkan makanan berminyak, seperti pizza dapat menyebabkan lebih banyak kembung. Bila merasa tak nyaman, carilah alternatif makanan lain.

Untuk mengidam yang tidak berhenti, Mathews menyarankan untuk mengonsumsi protein dan karbohidrat kompleks. Hal ini mungkinan akan membuat lebih kenyang dan untuk jangka waktu yang lebih lama.

Mathews mengingatkan untuk tetap terhidrasi. Kemudian, berolahraga juga dapat membantu mengalihkan pikiran dari makanan.

Editor: M. Naufal Hafizh

artikel terkait

dewanpers