web analytics
  

Habib Bahar Menolak Diperiksa, Bagaimana Nasibnya?

Selasa, 24 November 2020 09:06 WIB Fichri Hakiim
Bandung Raya - Bandung, Habib Bahar Menolak Diperiksa, Bagaimana Nasibnya?, Penganiayaan Bahar,Bahar Bin Smith,Habib Bahar bin Smith,kronologi kasus Bahar bin Smith,Kasus Habib bahar bin Smith

Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Jabar, Kombes Pol Chuzaini Patoppoi. (Ayobandung.com/Fichri Hakiim)

GEDEBAGE, AYOBANDUNG.COM -- Petugas kepolisian melakukan pemeriksaan terhadap Bahar bin Smith terkait kasus dugaan penganiayaan terhadap sopir taksi daring pada 2018 lalu. Namun, Bahar menolak untuk dimintai keterangan oleh penyidik kepolisian.

Diketahui, Habib Bahar hendak diperiksa oleh Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Jabar di Lapas Gunung Sindur Bogor, Senin (23/11/2020).

Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Jabar, Kombes Pol Chuzaini Patoppoi, mengatakan, Habib Bahar menolak ketika dimintai keterangan.

"Yang bersangkutan tidak mau diambil keterangan, minta langsung ke pengadilan," ujar Patoppoi, Selasa (24/11/2020).

Dengan demikian, lanjut Patoppoi, penyidik membuat berita acara atas penolakan tersebut. Penolakan dari Habib Bahar ketika dimintai keterangan sama dengan menghanguskan pembelaan Bahar dalam kasus ini.

"Penyidik membuat berita acara, bahwa tersangka tidak mau diambil keterangan. Kesempatan yang bersangkutan untuk membela diri dan memberi penjelasan, tidak digunakan olehnya," tuturnya.

Kemudian, Patoppoi juga menjelaskan tidak akan ada saksi lainnya lagi yang diperiksa dalam kasus ini. Penyidik pun akan melakukan pemberkasan untuk segera disampaikan kepada Jaksa

"Tidak ada, lanjut kirim berkas ke jaksa," jelasnya.

Bahar bin Smith. (Ayobandung.com/Irfan Al-Faritsi)

Sebelumnya, berdasarkan surat nomor B/4094/X/2020/Ditreskrimum yang dikeluarkan di Bandung pada  21 Oktober, Bahar ditetapkan sebagai tersangka berdasarkan laporan pada 4 September 2018 lalu dengan pelapor bernama Andriansyah.

Dalam kasus ini, bahar diduga melakukan penganiayaan secara bersama-sama, sebagaimana diatur dalam Pasal 170 KUHP dan 351 KUH Pidana. Mengingat belum diterimanya surat pencabutan ataupun perdamaian maka Polda Jabar masih menetapkan Bahar bin Smith sebagai tersangka. 

Editor: Fira Nursyabani

artikel terkait

dewanpers