web analytics
  

Harry Potter: Siapa Profesor di Hogwarts yang Paling Jahat?

Selasa, 24 November 2020 08:10 WIB Redaksi AyoBandung.Com
Umum - Unik, Harry Potter: Siapa Profesor di Hogwarts yang Paling Jahat?, Harry Potter,Minerva McGonagall,Quirinus Quirrell,Dolores Umbridge,Film

Para profesor di Hogwarts. (Warner Bros)

BANDUNG, AYOBANDUNG.COM – Kalian penikmat film Harry Potter? Pasti tahu dong para profesor yang terkenal di Hogwarts. Tentunya semua profesor adalah penyihir yang luar biasa berbakat. Namun, di antara profesor yang heroik, ternyata ada juga yang jahat. Kira-kira siapa yang paling jahat?

Sekolah Sihir Hogwarts terkenal dengan 4 asrama yang dipenuhi drama, bakat dan kejayaan. Kehidupan di Hogwarts tidak pernah membosankan. Beberapa penyihir terkenal berhasil menduduki singgasana Great Hall (Aula Besar) sebagai profesor, namun beberapa di antaranya terkenal dengan karakter yang jahat.

Lalu siapakah yang paling heroik? Ada begitu banyak profesor pemberani dan tanpa pamrih ikut bertarung dalam Battle of Hogwarts (Pertempuran Hogwarts) seperti Remus Lupin yang meninggalkan anaknya atau Severus Snape yang secara tersirat mengabdikan hidupnya untuk melindungi Harry Potter, anak dari cinta sejatinya, Lily Potter.

Dilansir dari Screen Rant pada Senin (23/11/2020), berikut peringkat profesor Hogwarts dari yang paling heroik hingga paling jahat.

10. Minerva McGonagall

Banyak yang mengira bahwa Profesor Snape adalah yang paling heroik karena bertaruh nyawa untuk melindungi Harry. Namun pada hakikatnya, dibutuhkan keberanian besar dalam menghadapi intimidasi Dark Lord dan bertarung di garda terdepan. Tidak seperti Snape, Profesor McGonagall menjadi tameng bagi muridnya dalam melawan Pelahap Maut meskipun formasi Order of Phoenix tidak lengkap. Tentu Snape memiliki alasan sendiri bekerja dengan Voldemort, tetapi McGonagall adalah pilar kekuatan saat murid-muridnya sangat membutuhkan.

9. Profesor Lupin

Tak ada yang dapat menandingi Profesor Lupin dari sifat tidak mementingkan dirinya sendiri. Hal ini jelas terlihat ketika ia berjuang sampai mati dalam pertempuran melawan Pelahap Maut. Bagaimanapun, ini adalah akhir dari pengorbanannya yang luar biasa. Bertahun-tahun ia melindungi Harry dan muridnya yang lain.

Faktanya, JK Rowling, Penulis novel Harry Potter, membunuh Lupin untuk menunjukkan kekejaman dari perang, “Menurutku hal yang paling menghancurkan dari perang adalah anak-anak yang ditinggal mati. Layaknya Harry, dalam perang pertama, ditinggalkan kedua orang tuanya, aku ingin kita melihat ada anak lain yang bernasib sama. Ini sangat menyesakkan karena putranya baru saja lahir,” kata JK Rowling.

8. Severus Snape

Pada awalnya, orang-orang dibuat tidak menyukai Snape karena karakternya yang terkenal kejam. Padahal pengorbanan yang tanpa henti dan diam-diam ia lakukan mengubah perspektif buruk tentangnya. Snape juga seorang petarung namun dengan cara berbeda. Dia yakin dengan masuk ke lingkaran Voldemort, dia dapat melindungi lebih banyak orang, khususnya Harry. Snape juga sangat berkomitmen untuk menjaga dengan baik masa depan dunia sihir sampai dia harus berkorban untuk membunuh Dumbledore hingga kehilangan nyawanya sendiri.

7. Rubeus Hagrid

Hagrid terlihat sangat menyayangi Harry dan teman-temannya. Namun ia bukan profesor terbaik karena sebenarnya ia memiliki kekurangan dalam manajemen kelasnya, Care of Magical Creatures (Perawatan Makhluk Gaib). Hagrid membaktikan dirinya untuk Hogwarts dan murid. Terlepas dari keterikatannya dengan Harry, dia orang yang tidak pilih kasih.

Semua murid sama berharganya bagi Hagrid. Ini juga alasan ia dianggap lebih dari sekedar groundskeeper (penjaga lapangan). Dia sangat setia terhadap Dumbledore dan profesor lainnya.

6. Mad-Eye Moody

Professor Moody adalah guru yang sangat dibutuhkan dalam dunia perdebatan sihir. Dia orang yang tidak sentimental tetapi cukup tegas. Moody adalah aset berharga dalam perang. Dia yang merencanakan pelarian bagi Harry untuk menjaganya tetap aman. Pasca kematian Dumbledore, ia merasa bertanggung jawab atas Harry karena ia sangat mengetahui sejarah dan betapa pentingnya Harry dalam pertarungan melawan Dark Lord.

5. Pomona Sprout

Prestasi Profesor Sprout sering diabaikan dalam pengorbanannya. Padahal, profesor herbologi itu selalu menentang sikap fasisme (kepemimpinan otoriter) di Hogwarts. Apabila penonton jeli, Sprout secara terbuka menolak kebijakan Dolores Umbridge dan menggulingkan Snape.

Dia berperan penting dalam pertempuran Hogwarts. Dengan kemampuan herbologinya, ia membuat Pelahap Maut menderita. Untungnya, dia selamat dan kembali mengajar di Hogwarts.

4. Horace Slughorn

Alasan Profesor Slughorn tidak menempati posisi pertama karena dia salah satu yang paling manusiawi dan hanya mencari kenyamanan di Hogwarts. Dia tidak serta merta melakukan kejahatan. Dia hanya tidak berani menangani kebrutalan Voldemort. Slughorn adalah orang pertama yang memberi tahu Tom Riddle cara kerja Horcrux. Kalaupun tidak, Riddle terlebih dulu melakukannya. Banyak sumber lain untuk mempelajari Sihir Hitam. Slughorn tidak dapat disalahkan sepenuhnya karena sikap dia yang pilih kasih dan menimbulkan bahaya. Setelah bertahun-tahun menghindari Pelahap Maut, Slughorn akhirnya ikut berduel membela Hogwarts.

3. Gilderoy Lockhart

Menyebut Lockhart sebagai penjahat terkesan sulit, namun kepalsuannya sangat kriminal. Dia berbohong dan memanipulasi orang-orang untuk membuktikan dirinya penyihir terkenal dan harus bertemu monster ganas. Namun semuanya palsu.

Dia hanya seorang selebriti yang mencari popularitas. Tetapi kesalahannya adalah menerima posisi yang berisiko sebagai profesor dan dapat membahayakan nyawa muridnya. Meskipun dia tidak berencana mendalangi kriminal, penipuannya sangat bisa dihukum.

2. Dolores Umbridge

Umbridge sangat berupaya menyingkirkan hal baik tentang dunia sihir. Dia hanya mendukung pendekatan berbasis teori untuk pendidikan, dia sangat senang ketika siswanya kesulitan. Dia adalah otoriter yang haus kekuasaan dan mendukung fasisme, jelas saja dia sangat kejam. Umbridge pun berbagi visi dengan Pelahap Maut tentang supremasi darah murni. Dia juga dalang di balik Komisi Pendaftaran Kelahiran Muggle dan menyangkal warisan tunggal. Setelah Second Wizarding War, dia dijatuhi hukuman karena kejahatannya terhadap Muggle dan dikirim ke Azkaban.

1. Quirinus Quirrell

Quirrell adalah pelayan setia Voldemort. Ia terlihat sangat ingin menyenangkannya, tapi mengapa? Apakah untuk pengakuan, kemuliaan atau balas dendam? Tetapi yang paling terlihat ia ingin diakui oleh Voldemort. Dark Lord mengambil alih tubuhnya untuk melakukan kejahatan sekembalinya Quirrell dari Albania. Pasalnya, dia bertemu Harry di tahun pertama sebagai siswa Hogwarts dan menjadi tahun paling rentan baginya. Harry belum mengetahui perihal hubungannya dengan Voldemort juga Horcrux. Tindakan Quirrell saat itu sangat mengerikan bagi Harry.(Siti Nurul Pajriati/Magang)

Editor: Andres Fatubun

artikel terkait

dewanpers