web analytics
  

Akhir Sebuah Era: Valentino Rossi-Yamaha

Senin, 23 November 2020 15:01 WIB
Olahraga - Sport, Akhir Sebuah Era: Valentino Rossi-Yamaha, Valentino Rossi,Monster Energy Yamaha,MotoGP Portugal,Petronas Yamaha SRT,Lin Jarvis

Valentino Rossi berpelukan dengan managing director Yamaha Motor Racing Lin Jarvis setelah mengakhir 15 tahun kemitraannya dengan tim pabrikan Yamaha di balapan penutup MotoGP 2020, Grand Prix Portugal, Sirkuit Algarve. (22/11/2020) . (Yamaha Motor Racing Srl via ANTARA/HO)

AYOBANDUNG.COM -- MotoGP Portugal tak hanya sekadar balapan untuk The Doctor--julukan Valentino Rossi. Usai mengaspal, dia disambut para anggota tim Monster Energy Yamaha. Juara dunia sembilan kali itu menjalani perpisahan dengan tim Monster Energy Yamaha usai menyelesaikan seri balapan terakhir, Minggu (22/11/2020) malam WIB.

Pada MotoGP Portugal yang berlangsung di Sirkuit Portimao, Rossi memang gagal tampil ciamik. Dia hanya finis ke-12 atau satu strip di belakang rekan satu timnya, Maverick Vinales.

Rossi berpelukan dengan para kru termasuk Managing Director Yamaha Motor Racing Lin Jarvis. Hal itu menandai berakhirnya kerj asama Rossi-Yamaha yang sudah terjalin 15 tahun terakhir.

Musim depan, Rossi tak lagi mengaspal bersama tim pabrikan Yamaha. Dia bergabung dengan tim satelit asal Malaysia, Petronas Yamaha SRT.

"Sangat emosional karena ini adalah 15 tahun kebersamaan. Periode yang sangat penting dalam karir dan kehidupan saya dengan banyak hal yang tidak terlupakan dan juga kenangan, teman, dan persahabatan," kata Rossi seperti dilansir laman resmi MotoGP dari Antara.

"Ini adalah kisah yang baik," kata pebalap yang mempersembahkan empat gelar juara dunia bagi Yamaha pada 2004, 2005, 2008 dan 2009 itu.

Sebelum musim 2020 tertunda pandemi, Rossi sempat galau apakah harus pensiun atau lanjut balapan setelah 2021 hingga pada Juli dia memutuskan tetap membalap.

Kemudian akhir September, Rossi resmi dipinang oleh tim Petronas Yamaha untuk meramaikan MotoGP setidaknya satu tahun lagi mulai 2021 sebagai tandem Franco Morbidelli yang merupakan anak didiknya di akademi VR46.

Managing Director Yamaha Motor Racing Lin Jarvis berjanji memberikan dukungan penuh kepada The Doctor dan bahkan menyatakan pebalap berusia 41 tahun asal Italia itu masih sangat kompetitif.

"2020 adalah musim ke-15 Valentino bersama Yamaha Factory Racing MotoGP Team. Saya memiliki kenangan yang hidup di tahun-tahun itu," kata Jarvis.

"Ada naik ada turun, ini seperti naik rollercoaster, tapi daftar capaiannya dengan Yamaha sangatlah mengesankan: empat titel Kejuaraan Dunia MotoGP, 255 balapan Grand Prix, 56 kemenangan, 142 podium. Apa yang dia capai selama waktunya bersama kami itu luar biasa.

"Dalam kasus Valentino, kami kini menghadapi apa yang saya boleh bilang 'perubahan pengawal'. Meski dia meninggalkan tim pabrikan Yamaha, itu bukan akhir dari karirnya. Ini bukan skenario perpisahan yang sesungguhnya, ini adalah momen transisi," kata Jarvis.

Rossi akan memboyong sejumlah kru yang membantunya selama ini ke garasi baru mereka tahun depan.

Kepala kru David Munoz dan engineer data Matteo Flamigni serta analis performa Idalio Manuel Davira akan ikut bergabung di Petronas namun mekanik Brent Stephens dan Alex Briggs yang telah lama mendampingi Rossi tidak akan ikut karena keterbatasan tempat.

Rossi mengakhiri musim 2020 di peringkat 15 klasemen dengan 66 poin setelah didera sejumlah masalah teknis dengan motornya serta dua kali melewatkan balapan karena terjangkit COVID-19.

"Pada akhirnya ini musim yang cukup rumit bagi semua orang dan juga bagi saya karena kami mendapati sejumlah penampilan yang baik, juga kadang-kadang tidak mampu menyelesaikan balapan karena ketidakberuntungan atau saya melakukan kesalahan," kata Rossi.

Kalender 2020 juga memaksa para pebalap beberapa kali tidak libur dalam periode tiga pekan untuk menjalani balapan beruntun.

"Ini tidak mudah, jadi kami perlu istirahat dan bersiap untuk tahun depan.

"Saya kira tahun depan tidak akan menjadi musim yang normal sayangnya, tapi saya harap jauh lebih baik dari tahun ini dan kami membalap di trek Eropa di waktu yang tepat," pungkas Rossi.

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Suara.com.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: Dudung Ridwan

terbaru

Tes Fisik Ganda Putra PBSI: Ada Atlet yang Belum Penuhi Standar

Sport Rabu, 21 April 2021 | 15:50 WIB

Tes fisik ini merupakan penilaian awal untuk pembentukan program latihan yang akan diberikan.

Olahraga - Sport, Tes Fisik Ganda Putra PBSI: Ada Atlet yang Belum Penuhi Standar, Tes Fisik Ganda Putra PBSI,Pebulu Tangkis Indonesia,Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI)

PBSI Nilai Penundaan India Open 2021 Untungkan Hafiz/Gloria

Sport Selasa, 20 April 2021 | 16:27 WIB

Badminton World Federation (BWF) dan panitia setempat terpaksa mengundurkan turnamen berlevel Super 500 ini.

Olahraga - Sport, PBSI Nilai Penundaan India Open 2021 Untungkan Hafiz/Gloria, Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI),Badminton World Federation (BWF),Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja,India Open 2021,Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi (Kabid Binpres) PBSI, Rionny Mainaky,Tim bulu tangkis Indonesia

Comeback di MotoGP Portugal, Marc Marquez Masih Garang

Sport Jumat, 16 April 2021 | 23:18 WIB

Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez terbukti tidak kehilangan kegarangannya meski vakum membalap kurang lebih sembilan bu...

Olahraga - Sport, Comeback di MotoGP Portugal, Marc Marquez Masih Garang, Marc Marquez,Repsol Honda,MotoGP Portugal,Sirkuit Internasional Algarve

Bagaimana Nutrisi Atlet Selama Puasa Ramadan? Ini Kata Ahli Gizi PBSI

Sport Jumat, 16 April 2021 | 16:53 WIB

Terkait bulan Ramadan, ahli gizi memberikan pesan kepada atlet yang akan menjalankan puasa di tengah padatnya jadwal lat...

Olahraga - Sport, Bagaimana Nutrisi Atlet Selama Puasa Ramadan? Ini Kata Ahli Gizi PBSI, Badminton,Bulu Tangkis,Ahli Gizi baru pelatnas,Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI),Atlet,Puasa,Ramadan,Ahli Gizi PBSI,Nutrisi Atlet Selama Puasa Ramadan

Pebulu Tangkis Indonesia Ini Mengaku Takut Jarum Suntik

Sport Kamis, 15 April 2021 | 16:25 WIB

Sedari kecil dirinya memang takut jarum suntik.

Olahraga - Sport, Pebulu Tangkis Indonesia Ini Mengaku Takut Jarum Suntik, Pebulu Tangkis Indonesia,jarum suntik,Leo Rolly Carnando,Pelatnas Cipayung Jakarta Timur,Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI)

Belum Divaksin, Kevin Sanjaya Akan Disuntik Sinovac

Sport Rabu, 14 April 2021 | 11:17 WIB

Sejauh ini, mayoritas atlet bulu tangkis Indonesia telah mendapatkan dua suntikan dari vaksin Sinovac.

Olahraga - Sport, Belum Divaksin, Kevin Sanjaya Akan Disuntik Sinovac, Kevin Sanjaya,Pebulu Tangkis Indonesia,Badminton,Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI)

Suka Duka Atlet PBSI Jalani Puasa Demi Professionalitas Jelang Turname...

Sport Selasa, 13 April 2021 | 11:59 WIB

Seluruh umat Muslim di dunia menyambutnya dengan suka cita. Tidak terkecuali oleh pebulu tangkis yang berada di Pelatnas...

Olahraga - Sport, Suka Duka Atlet PBSI Jalani Puasa Demi Professionalitas Jelang Turnamen, Pelatnas PBSI Cipayung,Fajar Alfian,Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto,Ramadan,Puasa

Umumkan Promosi Atlet, PBSI Gelar Tes Kesehatan

Sport Sabtu, 10 April 2021 | 07:48 WIB

Bertempat di Pelatnas PBSI Cipayung, Jakarta Timur, sebanyak 67 atlet pelatnas menjalani serangkaian tes kesehatan pada...

Olahraga - Sport, Umumkan Promosi Atlet, PBSI Gelar Tes Kesehatan, Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI),Pelatnas PBSI Cipayung,Tes Kesehatan Atlet Bulutangkis
dewanpers