web analytics
  

Bukit Nangela, Wisata Alam Baru di Kota Tasikmalaya

Minggu, 22 November 2020 18:50 WIB Heru Rukanda
Gaya Hidup - Wisata, Bukit Nangela, Wisata Alam Baru di Kota Tasikmalaya, Bukit Nangela,Wisata Tasikmalaya

Bukit Nangela, Wisata Alam Baru di Kota Tasikmalaya. (Heru Rukanda)

TASIKMALAYA, AYOBANDUNG.COM -- Wisata alam di tengah pandemi Covid-19 saat ini banyak dikembangkan oleh masyarakat. Di Kawalu Kota Tasikmalaya, tepatnya di Kampung Anaka, Kelurahan Urug, para pemuda menyulap sebuah bukit menjadi sebuah lokasi wisata alam baru bernama Bukit Nangela dengan pemandangan kawasan hutan milik perhutani.

Salah seorang penggagas wisata alam Bukit Nangela Heri Solihudin (36) mengatakan, daerah kawalu itu memiliki potensi yang luar biasa salah satunya di Kampung Anaka ini. Awalnya ini inisiatif dari anak-muda di sini kemudian diikuti oleh masyarakat. Tadinya hanya sebatas membuat konten-konten untuk spot selfie, tetapi kini terus dikembangkan dengan di bangunna warung-warung.

"Saat ini sekitar 20 warung yang berdiri di tanah-tanah milik warga sendiri. Saya yakin ke depannya bisa menjadi salah satu lokasi wisata yang cukup besar yang ada di Kota Tasikmalaya," ujar Heri seperti dikutip dari Ayotasik.com, Minggu (22/11/2020).

Ia menuturkan, wisata alam ini masih dalam pengembangan. Pihaknya terus sudah berkoordinasi dengan 4 pengurus RW di lingkungan bukit nangela ini untuk pengembangan.

"Di sini banyak potensi yang bisa digali. Bisa jadi lahan offroad, camping ground, dan potensi lainnya," ucap Heri.

Menurutnya, di bawah bukit ada 2 curug yang masih belum banyak orang yang tahu. Yakni curug Aspi dan curug Tamel.

"Kemarin kami coba membuka jalan ke curug. Sejauh ini kan belum ada akses jalan ke sana. Mudah-mudahan dapat segera dibuka akses jalannya," ungkapnya.

Ia menambahkan, konsep wisata alam ini adalah mengedepankan budaya. Di pihaknya juga menyediakan makanan-makanan atau kuliner khas Kota Tasikmalaya.

"Alhamdulillah, kunjungan ke sini mulai ramai apalagi kalau akhir pekan banyak rombongan keluarga," ujarnya.

Ia menambahkan, kendala dalam pengembangan wisata alam Bukit Nangela ini adalah belum adanya jalur listrik. Sehingga pihaknya menggunakan genset sebagai sumber listrik.

"Listrik ini yang masih jadi kendala. Semoga pemerintah bisa membantu dalam pembuatan jalur listrik ke sini," ucapnya.

Salah seorang pengunjung, Ida (40) mengatakan, dirinya baru pertama berkunjung ke Bukit Nangela. Menurutnya, situasi adem bisa melihat hijaunya pepohonan hutan dari ketinggian.

"Saya diajak teman ke sini. Katanya ada tempat wisata alam yang baru di atas perbukitan di Kawalu. Adem disini ada tempat selfie dengan backgroun hutan alam," ujarnya.

Untuk menuju ke wisata alam Bukit Nangela ini ada 3 akses jalan yang bisa lintasi,yakni dari arah Gunung Putri, Kampung Peundeuy, dan Tamansari. Namun, akses jalan ke Bukit Nangela ini cukup kecil, hanya bisa dilintasi oleh kendaraan roda 2 dan roda 4 pribadi.

Editor: Dadi Haryadi
dewanpers