web analytics
  

Pemasukan Menipis, Komisaris Persib Dukung Pemain Berwirausaha di Tengah Covid-19

Minggu, 22 November 2020 16:33 WIB Eneng Reni Nuraisyah Jamil
Umum - Nasional, Pemasukan Menipis, Komisaris Persib Dukung Pemain Berwirausaha di Tengah Covid-19, Persib Bandung,Umuh Muhctar,Pemain Persib Bisnis

Komisaris Persib Bandung, Umuh Muhctar. (Eneng Reni)

CICENDO, AYOBANDUNG.COM -- Pandemi Covid-19 berhasil meluluhlantakan segala sektor kehidupan. Selain sektor kesehatan dan ekonomi, pandemi Covid-19 menjadi badai untuk kompetisi sepak bola Indonesia.

Ketidakpastian Liga 1 2020 akibat pandemi Covid-19 seolah menjadi hukuman berat para insan sepak bola Tanah Air. Finansial mayoritas klub hingga pemainnya terpuruk karena mati surinya kompetisi sepak bola Indonesia sejak Maret lalu.

Akibatnya liga yang ditangguhkan karena pandemi covid-19, finansial salah satu klub yang cukup stabil di Indonesia Persin Bandung bahkan tergoncang. Saat ini klub berjuluk Maung Bandung itu sudah menurunkan gaji para pemain, pelatih, dan staf ofisial sebesar 25% dari nilai kontrak.

Dari klub hingga pemain harus putar otak untuk bisa bertahan di tengah himpitan pandemi virus corona. Mau tak mau, demi bertahan di tengah masa sulit pandemi, para penggawa Maung Bandung pun ramai-ramai membuka bisnis untuk menghidupi keluarga lantaran nasib abu-abu liga karena covid-19.

Komisaris PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Umuh Muhctar menyampaikan, pihaknya mendukung jika para pemainnya memiliki bisnis untuk menyokong pemasukan di luar sepak bola. 

Pasalnya, Umuh menilai, pandemi ini memang menjadi pukulan berat bagi seluruh lapisan masyarakat. Justru Umuh senang jika pemainnya mencoba bangkit dengan berbisnis di tengah situasi pandemi virus corona.

"Sekarang pemain asing sudah kepikiran buka cafe, tabungan untuk tambahan sehari-hari, lumayan," kata Umuh.

Saat ini udah ada beberapa pemain Maung Bandung yang telah memulai usaha. Sebut saja Kim Jeffrey Kurniawan, Dedi Kusnandar, Nick Kuipers, Zulham Zamrun, Zalnando. Bahkan para pemain muda seperti Gian Zola dan Beckham Putra Nugraha turut terjun untuk menjaga laju perekonomian di tengah masa pandemi.

Para penggawa Pangeran Biru itu merintis berbagai jenis mulai dari bisnis di bidang fesyen, kuliner, jasa laundry, properti, alat-alat olahraga, hingga berjualan sepatu secara online.

Di sisi lain, Umuh menilai, membuka bisnis dengan label pemain Maung Bandung merupakan peluang yang cukup bagus. Pasalnya, suporter setia Persib, bobotoh selalu antusias terhadap apapun yang berhubungan dengan tim Pangeran Biru.

"Karena kalau Pemain persib buka apapun juga pada dikejar, karen apa? senang dengan pemain persib jadi ya dikejar. Saya punya rumah makan, penuh itu tiap hari. Saya datang ke rumah makan itu orang-orang pun bisa dapat potongan harga 20%," ujarnya.

Editor: Dadi Haryadi

artikel terkait

dewanpers