web analytics
  

7 Manfaat Salak untuk Kesehatan, Wajib Dicoba

Minggu, 22 November 2020 15:51 WIB Redaksi AyoBandung.Com
Gaya Hidup - Sehat, 7 Manfaat Salak untuk Kesehatan, Wajib Dicoba , Buah Salak,Manfaat Salak,Gunung Salak

Ilustrasi salak. (InstagramFOTOGRAFIN dari Pixabay )

BANDUNG, AYOBANDUNG.COM -- Di balik kulitnya yang menyerupai sisik, manfaat salak bagi kesehatan ada beragam. Dengan mengonsumsi salak, Anda bisa memperkuat sistem imunitas tubuh dan menangkal radikal bebas sambil menikmati rasa manis dan kerenyahannya.

Manfaat salak bagi kesehatan dapat diperoleh karena buah satu ini tidak hanya mengandung karbohidrat dan serat yang tinggi, tapi juga mengandung beragam vitamin dan mineral yang penting untuk tubuh, seperti vitamin C, vitamin B2, kalium, kalsium, fosfor, folat, dan zat besi.

Selain nutrisi tersebut, senyawa kimia pada buah salak, seperti flavonoid, likopen, dan karotenoid, juga tak kalah penting dalam mendukung kesehatan tubuh.

Manfaat salak bagi kesehatan ada beragam. Berikut adalah beberapa di antaranya seperti dikutip dari alodokter

1. Meningkatkan daya tahan tubuh
Salah satu manfaat salak adalah meningkatkan imunitas tubuh. Manfaat ini dapat diperoleh karena kandungan vitamin C pada salak mampu membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh dan melindungi tubuh dari berbagai macam infeksi.

Selain itu, antioksidan seperti karotenoid dan likopen yang ada pada salak juga bermanfaat dalam meningkatkan imunitas karena mampu membantu menangkal radikal bebas yang berpotensi merusak sel dan DNA tubuh.

2. Mencerahkan kulit
Penelitian menunjukkan bahwa ekstrak salak dapat dimanfaatkan sebagai bahan alami untuk mencerahkan kulit berkat kandungan vitamin C di dalamnya.

Senyawa flavonoid yang didapatkan dari ekstrak buah salak juga terbukti efektif untuk menurunkan kadar senyawa pigmen yang memberikan warna pada kulit sehingga dapat dimanfaatkan sebagai bahan krim pemutih kulit.

3. Mencegah sembelit
Masih banyak masyakarat yang percaya bahwa mengonsumsi salak bisa menyebabkan sembelit atau susah buang air besar (BAB). Faktanya, ini hanyalah mitos belaka karena konsumsi salak secukupnya justru dapat membantu mencegah terjadinya sembelit.

Pasalnya, serat dalam salak mampu meningkatkan kesehatan saluran cerna, meningkatkan bakteri baik di usus, dan membuat tinja menjadi lebih lunak sehingga mudah untuk dikeluarkan.

4. Meningkatkan kesehatan jantung
Untuk membantu meningkatkan kesehatan jantung, Anda perlu mengonsumsi makanan yang mengandung kalium, seperti salak. Kalium berperan penting dalam menjaga irama detak jantung dan menurunkan tekanan darah, sehingga dapat menjaga kerja jantung tetap optimal.

Selain meningkatkan kesehatan jantung, kalium juga dapat mengatur keseimbangan cairan tubuh, memelihara fungsi saraf, mencegah batu ginjal, dan menjaga kepadatan tulang.

5. Mengontrol diabetes
Salak mengandung nutrisi yang dibutuhkan penderita diabetes. Penelitian menunjukkan bahwa salak dapat menurunkan kadar kolesterol darah tikus yang diberi makan makanan tinggi lemak. Hal ini sangat baik untuk penderita diabetes yang sering kali mengalami masalah kolesterol.

Bahkan tidak hanya itu, penelitian juga menunjukkan bahwa kandungan antioksidan dan asam asetat pada cuka salak memiliki potensi antidiabetik, yaitu dapat meningkatkan fungsi kelenjar pankreas dalam memproduksi hormon insulin, sehingga mungkin untuk digunakan sebagai obat diabetes.

6. Mengontrol kadar asam urat
Manfaat salak berikutnya adalah membantu mengontrol kadar asam urat. Penelitian menunjukkan bahwa salak mengandung senyawa yang mampu menghambat enzim xanthin oksidase, yaitu enzim yang berperan dalam produksi asam urat. Manfaat ini bahkan diduga bisa setara dengan obat asam urat.

7. Mencegah penyakit kanker
Penelitian menunjukkan bahwa senyawa aktif pada ekstrak buah salak bersifat antikanker dan dapat menghambat pertumbuhan sel kanker, terutama kanker paru, kanker usus, dan kanker payudara. Namun, manfaat ini masih perlu diteliti lebih lanjut untuk mengetahui seberapa besar efektivitasnya dalam memerangi penyakit kanker.

Meski beberapa manfaat salak perlu untuk diteliti lebih lanjut, Anda tetap bisa menjadikan buah ini sebagai camilan atau makanan penutup yang menyehatkan. Namun, jangan lupa untuk tetap mengosumsi makanan bergizi lainnya agar nutrisi yang didapat lebih beragam, sehingga kesehatan dapat lebih terjaga.

Jika ingin menjadikan salak sebagai bagian dari pengobatan untuk mengatasi atau mencegah penyakit tertentu, sebaiknya konsutasikan ke dokter terlebih dahulu. Dokter akan memberikan saran mengenai konsumsi salak yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi kesehatan Anda.

Editor: Andres Fatubun
dewanpers