web analytics
  

Semakin Hari, Semakin Banyak Orang Berkunjung ke Irigasi Hantap

Minggu, 22 November 2020 14:16 WIB Dudung Ridwan
Bandung Raya - Soreang, Semakin Hari, Semakin Banyak Orang Berkunjung ke Irigasi Hantap, Irigasi Hantap di Nagrak,Irigasi Hantap di Kabupaten Bandung,Tempat wisata

Irigasi Hantap Air Terjun Nigaranya Kabupaten Bandung (Wawan Gunawan)

SOREANG, AYOBANDUNG.COM – Karena pemandangannya yang bagus seperti Air Terjun Niagara, semakin banyak orang yang berkunjung ke tempat Irigasi Hantap. Irigasi Hantap tepatnya berada di Kampung Gumuruh, Nagrak, Désa Jatisari, Kecamatan Cangkuang, Kabupaten Bandung.

Sebenarnya bukan tempat rekreasi. Tapi, hanya sekadar bendungan irigasi yang mengalirkan air ke sawah-sawah dan kebun petani di sekitar Banjaran-Cangkuang-Soréang. Lihat Ayobandung.com, “Yu, ka Hantap Niagarana Kabupaten Bandung”, Minggu, 1 November 2020.

Sumber airnya dari Cisangkuy, Pangaléngan. Bendungan yang luasnya kurang lebih 2.711 héktar ini dibangun pada zaman Belanda tahun 1903. Memang tampak kokoh kalau yang bikinnya  orang Belanda.

Terutama, pada hari Sabtu dan Minggu, Irigasi Hantap banyak dikunjungi para wisatawan.  Warung-warung tenda tempat pedagang berjualan makanan; Tukang sewa ban untuk berenang; Tukang sewa kuda; Wc umum; hingga penjual jasa tempat selfie. Juga tenda-tenda yang bertikar disewakan untuk sekadar botram di sana.

Anda bisa juga berenang di tempat irigasi. Untuk remaja yang lebih dalam atau untuk anak-anak di tempat irigasi yang dangkal. Semua gratis, kecuali untuk sewa ban.

Berenang di Hantap (dudungridwan/ayobandung.com)

Dikelola oleh karang taruna, protokol kesehatan diberlakukan—misalnya ada tempat cuci tangan. Tapi, kurang begitu ketat. Beberapa pengunjung cuek saja tanpa memakai masker atau tidak cuci tangan terlebih dahulu.

Tiket masuk tak diwajibkan, hanya seikhlasnya saja. Lumayan, kampung sekitar kebanjiran rezeki di samping bisa berjualan juga dari pendapatan jasa lahan parkir.

 

Editor: Dudung Ridwan
dewanpers