web analytics
  

4 Manfaat dan Khasiat Teh Kamomil

Sabtu, 21 November 2020 18:10 WIB
Gaya Hidup - Sehat, 4 Manfaat dan Khasiat Teh Kamomil, Teh kamomil,Manfaat teh kamomil,Khasiat teh kamomil

Teh kamomil memiliki rasa yang ringan dengan sentuhan aroma bunga (Foto: Teh Kamomil) (PxHere)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Anda sudah mencoba teh kamomil? Teh yang memiliki rasa yang ringan dengan sentuhan aroma bunga. Tak heran bila teh kamomil dikenal sebagai teh yang menenangkan.

Tak hanya itu, teh kamomil ternyata memiliki empat manfaat kesehatan yang didukung oleh sains. Berikut ini adalah empat manfaat kesehatan dari teh kamomil, seperti dilansir Insider, Sabtu (21/11).

Memperbaiki Kualitas Tidur
Teh kamomil diketahui mengandung flavonoid bernama apigenin. Flavonoid merupakan senyawa kimia yang memberikan warna pada tumbuhan dan kaya akan antioksidan.

Teh kamomil juga dapat membantu mengatasi masalah sulit tidur. Sebuah studi berskala kecil pada 2015 menunjukkan bahwa teh kamomil dapat membantu seseorang untuk tidur lebih baik. Akan tetapi, teh kamomil tak bisa digunakan sebagai pengganti terapi untuk masalah tidur yang lebih serius.

Meredakan Nyeri Menstruasi
Semasa hidup, sekitar 93 persen perempuan pernah mengalami nyeri menstruasi. Mmeinum teh kamomil dinilai dapat membantu meredakan nyeri ini.

Ahli gizi dari Essence Nutrition Monica Auslander Moreno mengatakan minuman yang hangat dan menenangkan dapat meredakan nyeri menstruasi. Akan tetapi, teh kamomil dinilai dapat menjadi pilihan yang lebih baik karena memiliki sifat yang dapat meringankan kejang otot involunter.

Selain itu, struktur kimia dari kamomil juga mengandung asam amino yang dapat merelaksasi rahim menurut konsultan gizi Lisa Richards. Sebuah studi pada 2010 juga menunjukkan bahwa mium teh dua kali per hari selama satu minggu sebelum menstruasi dapat meringankan nyeri dan kecemasan. Studi lebih lanjut masih dibutuhkan untuk memperkuat temuan ini.

Bantu Hadapi Kecemasan
Richard menambahkan, kamomil juga dapat membantu memperbaiki keemasan. Alasannya, kamomil dapat memberikan dampak positif terhadap gejala-gejala yang muncul terkait kecemasan. Sebagai contoh, kamomil dapat memperbaiki tidur, merelaksasi otot, menurunkan tekanan darah, dan memunculkan perasaan yang merelaksasi.

"(Kamomil) juga dapat memperbaiki gejala kecemasan seperti insomnia dan mudah marah," pungkas Richards.

Studi pada 2016 juga menunjukkan bahwa kamomil dapat menurunkan gejala gangguan kecemasan umum (GAD) secara signifikan. Beberapa gejala tersebut adalah gugup, depresi, peningkatan denyut jantung, masalah pencernaan, dan insomnia. Dalam studi ini, para partisipan dengan GAD mendapatkan kamomil kelas farmasi berdosis 500 mg sebanyak tiga kali sehari.

Mendukung Kesehatan Tulang
Kandungan flavonoid pada kamomil juga dapat menunjang proses perbaikan dan pertumbuhan tulang. Selain itu, kandungan ini juga dapat membantu meregulasi aktivitas pembangunan tulang yang sehat.

Studi pada 2004 menunjukkan bahwa kamomil tampak memiliki kemampuan untuk menstimulasi sel-sel pembangun tulang. Akan tetapi, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk memperkuat temuan ini.

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Republika.co.id.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: Dudung Ridwan
dewanpers