web analytics
  

Manfaatkan Tanaman Alami, Inilah 6 Khasiat Lidah Buaya untuk Kulit

Sabtu, 21 November 2020 14:02 WIB Arditya Pramono
Gaya Hidup - Sehat, Manfaatkan Tanaman Alami, Inilah 6 Khasiat Lidah Buaya untuk Kulit, Lidah Buaya,aloe vera,Khasiat tanaman,obat kulit,Tanaman Obat,tips kesehatan kulit

Lidah buaya. (Freepik)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Lidah Buaya atau yang memiliki nama latin Aloe Vera ini merupakan tanaman yang mudah ditemukan di perkarangan rumah atau lingkungan sekitar kita.

Bentuknya yang unik membuat kita dapat dengan mudah membedakannya dengan tanaman lain. Selain memiliki bentuk yang unik, ternyata Lidah Buaya punya sejumlah manfaat bagi kesehatan manusia terutama untuk kulit.

Menyitat dari laman Alodokter.com, berikut 6 manfaat Lidah Buaya bagi kesehatan tubuh khusunya untuk kulit:

1.Pembersih make up alami

Buat Anda yang memiliki kulit sensitif, lidah buaya dapat dijadikan alternatif untuk pembersih make up. Hal ini dikarenakan lidah buaya terbilang ramah dan lembut di kulit.

2. Gatal dan ruam pada mulut dan kulit

Menurut penelitian, menggunakan obat kumur yang mengandung lidah buaya selama tiga kali sehari selama 3 bulan, bisa membantu mengurangi rasa gatal dan ruam pada mulut. Hal yang sama berlaku jika mengaplikasikan gel mengandung lidah buaya sebanyak dua kali sehari selama 2 bulan pada kulit.

3. Cold sore atau luka pada bibir akibat virus herpes

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengoleskan krim dengan ekstrak lidah buaya 0,5 persen selama tiga kali sehari, bisa mempercepat proses penyembuhan luka akibat virus herpes simpleks. Hal ini dikarenakan, lidah buaya memiliki sifat antivirus yang dapat membantu melawan virus herpes.

4. Psoriasis

Penggunaan krim dengan kandungan lidah buaya sekitar 0,5 persen selama 1-2 bulan bisa meredakan psoriasis. Tapi, hasil tersebut tidak terlihat jika hanya memakai gel lidah buaya.

5. Mengatasi kulit terbakar sinar matahari

Losion atau pelembap yang mengandung lidah buaya mampu meredakan kulit yang terbakar sinar matahari, serta mengembalikan kelembapan kulit yang hilang akibat paparan ultraviolet berlebih, sehingga kulit terasa lebih nyaman.

6. Konstipasi

Lateks lidah buaya mengandung bahan kimia yang efektif sebagai obat pencahar. Namun, penggunaannya juga bisa menyebabkan efek samping diare.

Editor: Arditya Pramono
dewanpers