web analytics
  

Hingga Sabtu Pagi ini, Akses Jalan Sukanagara-Pagelaran Cianjur Selatan Belum Bisa Dilewati

Sabtu, 21 November 2020 09:48 WIB Muhammad Ikhsan
Umum - Regional,  Hingga Sabtu Pagi ini, Akses Jalan Sukanagara-Pagelaran Cianjur Selatan Belum Bisa Dilewati, cianjur,Longsor,jalan utama provinsi,Bencana Alam,tanah longsor

Alat berat mulai menyingkirkan lagi material longsor Pagi ini (Ayobandung/M.Iksan)

CIANJUR, AYOBANDUNG.COM -- Akses jalan utama provinsi sepanjang daerah Cadas Hideung Desa Sukarame Kecamatan Sukanagara-Desa Sindangkerta Kecamatan Pagelaran Kabupaten Cianjur hingga Sabtu (21/11/2020) pagi ini belum bisa dilewati.

Pantauan Ayobandung.com di lokasi bencana longsor, semalam baru satu titik dibersihkan dari tiga titik longsor sepanjang Cadas Hideung Desa Sukarame Kecamatan Sukanagara. 

Alat berat dari Dinas PUPR Kabupaten Cianjur dan Pemprov Jabar, cukup kesulitan menyingkirkan material longsor tanah merah bercampur batu cadas dan tanaman.

Camat Sukanagara H Adang Sumaryadi mengatakan material longsor yang cukup tinggi, panjang dan lebar membuat akses jalan belum bisa ditembus.

“Hingga pagi ini (Sabtu) belum bisa dilewati, karena dua alat berat yang dioperasionalkan belum cukup menyingkirkan material longsor di tiga titik,” katanya pada Ayobandung.com, Sabtu (21/11/2020).

Adang berharap adanya penambahan alat berat, agar bisa mempercepat membersihkan material longsor.

“Mudah-mudahan siang ini akses jalan bisa dilewati, karena biasanya pada hari libur banyak aktivitas warga ke wilayah Pagelaran seterusnya,” tuturnya.

Belum bisa dilewatinya jalan utama provinsi, warga tidak bisa menuju ke beberapa kecamatan di Cianjur wilayah Selatan diantaranya, Kecamatan Pagelaran, Kecamatan Tanggeung, Kecamatan Cibinong, Kecamatan Sindangbarang, Kecamatan Cikadu, Kecamagan Leles, Kecamatan Agrabinta, Kecamatan Cijati, Kecamatan Cidaun dan Kecamatan Naringgul.

“Kalaupun memaksakan diri, harus memutar arah mencari jalur altentif, melalui Jalan Ciwidey Kabupaten Bandung maupun jalur jalan Kadupandak,” tandasnya.

Diketahui ​​​​​​​​​​​​​​​satu orang tewas dan satu lainnya mengalami luka dalam bencana Longsor yang menerjang Kampung Cadas Hideung, Desa Sindangkerta, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Jumat (20/11/2020).

Kedua korban itu merupakan warga yang sedang melintas di lokasi kejadian dengan menggunakan kendaraan bermotor dan tiba-tiba saja longsor menerjang.

Selain menimbulkan korban jiwa. Longsor itu juga mengakibatkan akses utama Jalan Sukanagara-Pagelaran lumpuh karena tertutup material longsoran dengan panjang 20 meter, lebar 5,5 meter dan ketebalan 2 meter.

Editor: Arditya Pramono

artikel terkait

dewanpers