web analytics
  

Tingkatkan Cakupan Peserta, Cimahi Perkuat Kampung KB

Jumat, 20 November 2020 22:18 WIB Tri Junari
Bandung Raya - Cimahi, Tingkatkan Cakupan Peserta, Cimahi Perkuat Kampung KB, Kampung KB,Pemkot Cimahi

Kampanye program Keluarga Berencana (KB). (Kavin Faza)

CIMAHI, AYOBANDUNG.COM -- Pemerintah Kota (Pemkot) Cimahi menilai, keberadaan Kampung Keluarga Berkualitas (Kampung KB) sangat berpengaruh untuk meningkatkan cakupan kepesertaan Keluarga Berencana (KB). 

Berdasarkan data Dinas Sosial, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DinsosP2KBP3A) Kota Cimahi, cakupan kepesertaan KB di Kota Cimahi mencapai 73.915 atau 78,99 %, dari total 93.576 Pasangan Usia Subur (PUS) di Kota Cimahi.

Walikota Cimahi Muhammad Ajay Priatna menyebutkan, saat ini tercatat ada 13 Kampung KB di Kota Cimahi, dimana kepesertaan masih didominasi pengguna KB jangka pendek.

"Adanya Kampung KB ini cakupan kepesertaan terus meningkat. Terutama Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP). Karena kita kan dengan puskesmas terus melakukan penyuluhan," terang Walikota Cimahi, Ajay Muhammad Priatna saat penerimaan Tim Recheking Kampung KB tingkat Provinsi Jawa Barat di RW 08 Padakasih Kelurahan Cibeber, Kecamatan Cimahi Selatan, Jumat (20/11/2020).

Menurut Ajay, Kampung KB memiliki berbagai manfaat dan kontribusi nyata terhadap akselerasi cakupan pelayanan yang berkualitas dalam program pembangunan keluarga, kependudukan dan KB, serta menjadi motor penggerak partisipasi semua pihak, baik pemerintah, masyarakat dan dunia usaha.

"Kampung KB merupakan wadah untuk meningkatkan kualitas keluarga, mulai dari kesejahteraan keluarga, yang dapat meningkatkan perekonomian masyarakat," ungkapnya.

Dengan berbagai manfaat yang ada, kata Ajay, pihaknya senantiasa mendorong agar program Kampung KB ini dapat memunculkan inovasi-inovasi, yang dapat memberikan warna terhadap penyelenggaraan pemerintahan daerah di Kota Cimahi.

Editor: Dadi Haryadi

artikel terkait

dewanpers