web analytics
  

Longsor di Perbatasan Pagelaran-Sukanagara Cianjur, Satu Orang Tewas

Jumat, 20 November 2020 19:53 WIB Muhammad Ikhsan
Umum - Regional, Longsor di Perbatasan Pagelaran-Sukanagara Cianjur, Satu Orang Tewas, Longsor Cianjur,Pagelaran-Sukanagara

Anggota TNI dan Polisi meminta pengendara sepeda motor putar arah, karena jalan tertutup longsoran tanah. (Muhammad Ikhsan)

CIANJUR, AYOBANDUNG.COM -- Nahas nasib Yusuf Wiguna (27) warga Kampung/Desa Pamoyanan, Kecamatan Cibinong Kabupaten Cianjur, tewas seketika saat mengendarai sepeda motor tertimpa longsor di tebing Cadas Hideung Kampung Cadas Hideung, Desa Sindangkerta, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Jumat (20/11/2020) sekitar pukul 16.30 Wib.

Selain korban meninggal, satu lainnya  mengalami luka, yaitu Adanda (19), warga Warung Kiara, Desa Sukarame, Kecamatan Sukanagara.

Keduanya menjadi korban saat melintas di sekitar Cadas Hideung, pada saat itu hujan cukup deras. Tiba-tiba longsoran tanah meluncur dari atas tebing, pengendera sepeda motor tak bisa menghindar terbawa material tanah bercampur batu.

Selain mengakibatkan korban meninggal dan luka, longsor tersebut  membuat akses utama Jalan Sukanagara-Pagelaran lumpuh karena tertutup material longsoran dengan panjang 20 meter, lebar 5,5 meter dan ketebalan 2 meter.

Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cianjur, M Irfan Sofyan menuturkan, kejadian longsor itu juga mengakibatkan satu unit mobil dan sepeda motor rusak karena terseret longsoran.

"Betu ada yang meninggal atas nama Yusup Wiguna (27), warga Kampung/Desa Pamoyanan, Kecamatan Cibinong, dan korban luka yakni  Adanda (19), warga Warung Kiara, Desa Sukarame, Kecamatan Sukanagara," jelas Irfan pada wartawan, Jumat (20/11/2020).

Jenazah korban sempat dibawa ke puskesmas setempat untuk dilakukan pemeriksaan luar mayat oleh petugas medis dan selanjutnya dibawa ke rumah duka untuk dimakamkan.

Irfan mengungkapkan, longsor dengan panjang 20 meter, lebar 5,5 meter dan ketebalan 2 meter masih dalam proses evakuasi dengan menggunakan alat seadanya.

"Alat berat sudah datang, sebentar lagi akan segera bisa dilewati, hanya saja bagi pengendara berhati-hati disaat hujan deras,” tandasnya.

Editor: Dadi Haryadi
dewanpers