web analytics
  

Temukan ASN Tidak Netral, Laporkan Saja

Jumat, 20 November 2020 19:08 WIB Mildan Abdalloh
Bandung Raya - Soreang, Temukan ASN Tidak Netral, Laporkan Saja, ASN Kabupaten Bandung,ASN Tidak Netral,Pilkada Kabupaten Bandung

ASN. (Kavin Faza)

SOREANG, AYOBANDUNG.COM -- Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Bandung Wawan A Ridwan meminta masyarakat turut serta mengawasi netralitas ASN dalam Pilkada.

Selama ini kata Wawan, pihaknya telah berulang kali melakukan sosialisasi mengenai netralitas kepada ASN. Namun, masih ada beberapa orang melakukan tindakan yang dianggap tidak netral.

"Kembali lagi kepada personal. Aturan mengenai netralitas sampai apa yang tidak boleh dilakukan sudah disosialisasikan," tutur Wawan, Jumat (20/11/2020).

Dengan demikian, Wawan berharap agar masyarakat yang mengetahui ada ASN yang melakukan tindakan tidak netral untuk melaporkannya kepada pihak terkait, baik itu Bawaslu, maupun Satgas pengawasan netralitas ASN Kabupaten Bandung.

Wawan melanjutkan, sejauh ini pihaknya menerima laporan sedikitnya ada 25 ASN yang dipanggil Bawaslu untuk diklarifikasi karena dianggap tidak netral.

Namun dari 25 kasus tersebut, hanya beberapa yang sampai masuk ke KASN untuk ditindaklanjuti.

"Bawaslu itu hanya melakukan klarifikasi, sementara yang menjatuhkan sanksi adalah KASN," katanya.

Walau demikian, dengan adanya 25 ASN yang dilaporkan kepada Bawaslu terkait netralitas dalam Pilkada, bukan berarti harus dianggap kalau pegawai negeri di Kabupaten Bandung tidak netral.

Pasalnya jika dibandingkan dengan 20.000 lebih ASN Kabupaten Bandung, angka 25 orang hanya 0 koma persen dari total pegawai. Terlebih yang sampai diproses di KASN hanya beberapa orang.

Apalagi sebagian besar laporan kepada Bawaslu merupakan dugaan pelanggaran netralitas biasa, seperti like atau komentar di sosial media.

Editor: Dadi Haryadi

artikel terkait

dewanpers