web analytics
  

Messi Suka Berjalan saat Bertanding, Ini Pembelaan Guardiola

Jumat, 20 November 2020 16:41 WIB
Olahraga - Sepak Bola, Messi Suka Berjalan saat Bertanding, Ini Pembelaan Guardiola, Lionel Messi,Pep Guardiola,barcelona,Manchester City

Ilustrasi sepakbola. ( picselweb dari Pixabay )

MANCHESTER, AYOBANDUNG.COM -- Pelatih Manchester City Pep Guardiola menjelaskan alasan Lionel Messi yang suka berjalan ketimbang mencoba merebut bola saat bertanding.

Guardiola melatih Barcelona antara 2008 dan 2012. Saat itu, Barcelona mendominasi Eropa.

Suatu ketika Messi dikritik karena hanya berjalan dalam pertandingan. Namun hal itu dibela Guardiola. Dia mengatakan, ada sesuatu di balik berjalannya Messi.

"Dia berjalan, itu hal yang paling saya suka. Dia tak meninggalkan pertandingan, dia terlibat," kata Guardiola, dikutip dari Marca, Jumat (20/11/2020).

Dia mengatakan, selama berjalan, Messi terus memperhatikan sekelilingnya, menganalisis situasi di lapangan. La Pulga, kata dia, tahu betul apa yang akan terjadi. Karena itu, saat berjalan, kepala Messi selalu menengok ke kanan dan kiri, untuk memperhatikan apa yang terjadi.

Saat itu juga, kata Guardiola, Messi seolah-olah sedang mengendus kelemahan lawan di belakang. "Setelah 5, 10 menit, dia sudah punya peta di matanya, di otaknya mengetahui di mana celah dan seperti apa gambarannya,'' ungkap Guardiola.

Menurutnya, pertandingan seperti hutan belantara dan seorang pemain harus bertahan hidup. Dengan memetakan kelemahan lawan, Messi akan punya lebih banyak ruang untuk menyerang.

Apalagi, strategi tiki-taka ala Guardiola membuat pemain Barca saat itu tak melakukan banyak pergerakan jauh, yang membutuhkan kecepatan berlari.

Nama Messi kembali dikaitkan dengan Guardiola. Hal ini setelah Guardiola memperpanjang kontranya di Manchester City sampai 2023. Messi dilaporkan akan bergabung ke City untuk kembali bekerja sama dengan Guardiola.

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Republika.co.id.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: M. Naufal Hafizh

artikel terkait

dewanpers