web analytics
  

5 Efek Samping Bawang Putih yang harus Anda Waspadai!

Jumat, 20 November 2020 14:17 WIB Redaksi AyoBandung.Com
Gaya Hidup - Sehat, 5 Efek Samping Bawang Putih yang harus Anda Waspadai!, Bawang Putih,efek samping bawang putih,bawang putih mentah,Bau Mulut,penyebab bau mulut

[ilustrasi] selain memiliki banyak manfaat, bawang putih memiliki efek samping yang harus diwaspadai! (Pixabay)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM – Selain kaya akan manfaat kesehatan seperti mengobati flu, menurunkan tekanan darah, hingga mencegah penyakit jantung, bawang putih ternyata memiliki sejumlah efek samping yang berbahaya dan harus diwaspadai jika dikonsumsi secara berlebihan.

Dilansir dari NDTV Food, berikut ini sejumlah efek samping berbahaya dari bawang putih terhadap kesehatan.

1. Bau tidak sedap

Selain masalah kesehatan pribadi, konsumsi bawang putih juga dapat membuat mulut bau. Ada berbagai bahan kimia dalam bawang putih yang berkontribusi pada bau mulut.

2. Ruam pada kulit

Mengonsumsi bawang putih secara berlebihan dapat menyebabkan iritasi dan ruam pada kulit. Bawang putih mengandung enzim alliinase, yang biasanya menjadi penyebab ruam kulit.

Karena rawan menyebabkan iritasi, sangat disarankan memakai sarung tangan saat memotong bawang putih. Dengan begitu, Anda terhindar dari enzim alliinase yang dapat menyebabkan ruam.

3. Sakit kepala

Mengonsumsi bawang putih mentah bisa memicu sakit kepala.

Berdasarkan sejumlah penelitian, mengonsumsi bawang putih mentah dapat merangsang saraf trigeminal untuk melepaskan neuropeptida ke selaput otak. Hal itulah yang memicu sakit kepala.

4. Memperparah infeksi organ intim wanita

Sangat penting bagi wanita untuk menjaga kesehatan organ intim. Jika tengah menderita infeksi organ intim, wanita tidak disarankan mengonsumsi bawang putih. Hal itu dapat memperburuk infeksi jamur dengan mengiritasi jaringan lunak pada organ intim.

5. Menyebabkan muntah dan mual

Menurut berbagai penelitian, mengonsumsi bawang putih mentah dalam jumlah berlebih dapat menyebabkan muntah bahkan mulas. Untuk menghindarinya, Anda dianjurkan membatasi asupan bawang putih.

Jadi, sudah saatnya kurangi asupan bawang putih Anda karena dapat berdampak buruk bagi kesehatan jika dikonsumsi  secara berlebihan. (Deni Suhendar)

Sumber: NDTV Food
Editor: M. Naufal Hafizh

artikel terkait

dewanpers