web analytics
  

3 Pola Makan yang Bisa Pengaruhi Kualitas dan Jumlah Sperma

Jumat, 20 November 2020 12:40 WIB Redaksi AyoBandung.Com
Gaya Hidup - Sehat, 3 Pola Makan yang Bisa Pengaruhi Kualitas dan Jumlah Sperma, sperma,Pola Hidup Sehat,Pola Makan,jumlah sperma,kualitas sperma

[Ilustrasi] Sperma. (Pixabay)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Pola makan telah terbukti memengaruhi kesuburan pria, khusunya pada jumlah sperma. Oleh karena itu, asupan juga memiliki pengaruh pada kesuburan.

"Mengatasi semua aspek kesuburan dengan pola makan tentu tidak ada salahnya. Pola makan adalah cara alami yang bagus untuk meningkatkan kesuburan," kata Arielle Spiegel, CEO dan pendiri Cofertility.

Melansir dari Insider, berikut ini beberapa pola makan yang harus dipertimbangkan pria yang sedang merencanakan program kehamilan bersama pasangan, antara lain:

1. Ganti Konsumsi Daging Olahan dengan Ikan

Pria yang makan daging olahan dengan jumlah tinggi memiliki jumlah sperma yang lebih rendah dibandingkan dengan pria yang makan daging olahan sedikit. Sementara itu, makan ikan dikaitkan dengan jumlah sperma yang lebih tinggi.

2. Hindari Kedelai

Makan produk kedelai dikaitkan dengan jumlah sperma yang lebih rendah. Kedelai sendiri dikenal bisa meniru hormon estrogen dalam tubuh wanita.

3. Meningkatkan Asupan Buah dan Sayuran

Makan lebih banyak buah dan sayuran dikaitkan dengan peningkatan jumlah sperma. Secara khusus, likopen yang ditemukan dalam tomat dan buah serta sayuran merah lainnya telah dikaitkan dengan peningkatan kesuburan pria.

"Suplementasi Lycopene 4-8 mg selama 8 sampai 12 bulan dapat meningkatkan kesehatan sperma dan meningkatkan kemungkinan menghamili," kata Soma Mandal, MD, seorang internis kesehatan wanita.

Editor: M. Naufal Hafizh
dewanpers