web analytics
  

Ini Doa Agar Terhindar dari Kemalasan dan Jeratan Utang

Jumat, 20 November 2020 12:01 WIB
Umum - Pendidikan, Ini Doa Agar Terhindar dari Kemalasan dan Jeratan Utang, Malas,Malas Bergerak,doa agar tidak malas,cara mengatasi malas,Islam

[Ilustrasi] Malas. (Pixabay)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM – Rutinitas kadang membuat seseorang menjadi malas. Padahal kemalasan hanya membuat seseorang tidak produktif.

 Dalam pandangan Islam, rasa malas muncul dari godaan setan. Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan Abu Hurairah, Rasulullah SAW diketahui pernah bersabda, "Setan mengikat pada tengkuk kepala seorang dari kalian manakala dia tidur dengan tiga ikatan. Dia buat tempatnya pada setiap ikatan (dengan mengatakan), 'Bagimu malam yang panjang, maka tidurlah.' Jika ia bangun lantas berzikir kepada Allah, terbukalah satu ikatan. Kemudian, jika ia berwudu, terbukalah satu ikatan lagi. Kemudian, jika ia salat, terbukalah seluruh ikatan itu. Dia pun pada pagi hari (akan bangun) dalam keadaan bersemangat dan baik jiwanya. Kalau tidak demikian, dia pada pagi hari (bangun) dalam keadaan jelek jiwanya lagi pemalas.”

Hadis yang dimuat dalam Shahih Bukhari itu menjelaskan, bagaimana caranya berlepas diri dari sifat malas. Rasul SAW mencontohkan, bagaimana setan beroperasi pada malam hari terhadap seorang Muslim.

Hadis di atas juga menunjukkan cara agar kita terhindar dari sifat malas, yakni berdoa dan qiyamul lail. Sebelum tidur, hendaknya berdoa agar Allah SWT melindungi diri dari godaan setan. Saat masuk sepertiga malam, kita dapat bangun untuk melaksanakan Salat Tahajud. Dengan berwudu, salat, lalu berzikir, maka lepaslah semua pengikat yang setan buat pada diri kita.

Selain itu, Rasulullah SAW juga mengajarkan satu doa agar kita terhindar dari sifat malas. Doa tersebut juga dimuat dalam Shahih Bukhari, yakni sebagai berikut.

 «اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنَ العَجْزِ وَالكَسَلِ، وَالجُبْنِ وَالهَرَمِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ فِتْنَةِ المَحْيَا وَالمَمَاتِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ عَذَابِ القَبْرِ

Artinya: "Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada Engkau dari bingung dan sedih. Aku berlindung kepada Engkau dari lemah dan malas. Aku berlindung kepada Engkau dari pengecut dan kikir. Dan aku berlindung kepada Engkau dari lilitan utang dan kesewenang-wenangan manusia."

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Republika.co.id.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: M. Naufal Hafizh

artikel terkait

dewanpers