web analytics
  

5 Cara Diet yang Sehat dan Aman untuk Turunkan Berat Badan

Jumat, 20 November 2020 10:36 WIB Redaksi AyoBandung.Com
Gaya Hidup - Sehat, 5 Cara Diet yang Sehat dan Aman untuk Turunkan Berat Badan, Diet Sehat,menurunkan berat badan,Diet Alami

Jika Anda ingin diet sehat, ada sejumlah cara alami yang efektif dan terbukti aman menurunkan berat badan, mulai dari olahraga hingga tidur yang cukup. (Pixabay/Rafif Al Hashmi)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM — Jika Anda ingin diet sehat, ada sejumlah cara alami yang efektif dan terbukti aman menurunkan berat badan.

Diet sehat secara alami ini bisa membuat penampilanmu lebih menarik dan tubuh menjadi lebih sehat. Dilansir dari Healthline, berikut cara sehat dan aman untuk menurunkan berat badan.

1. Olahraga dan ubah pola makan bersamaan

Lebih baik, Anda mulai mengubah pola makan dan aktivitas fisik secara bersamaan.

Alasannya, sebuah penelitian kepada 200 orang menunjukkan, orang yang mulai mengonsumsi makanan sehat dan berolahraga pada saat yang sama lebih mudah mempertahankan rutinitas tersebut daripada mereka yang memulai diet dengan olahraga saja tanpa mengubah pola makan atau sebaliknya.

2. Mulai hari dengan sarapan protein tinggi

Sarapan seimbang dan mengandung protein yang cukup akan menjaga kadar gula darah. Selain itu, kamu tidak akan makan berlebihan sepanjang hari.

Dalam sebuah penelitian, wanita yang mengonsumsi 30 gram protein saat sarapan merasa lebih kenyang dan makan lebih sedikit kalori saat makan siang. Hal ini berbanding terbalik dengan mereka yang tidak sarapan.

3. Hindari makanan berkalori tinggi

Salah satu cara menurunkan berat badan adalah dengan mengurangi konsumsi makanan berkalori tinggi. Kalori yang menumpuk di dalam tubuh menjadikan seseorang kelebihan berat badan.

Selain menambah berat badan, mengonsumsi makanan berkalori tinggi juga mumbuatmu gampang terkena penyakit.

4. Makan sayur dan Buah-buahan

Sayuran dan buah-buahan kaya akan vitamin dan mineral. Orang yang rutin makan sayur dan buah berisiko rendah terkena penyakit jantung, diabetes tipe 2, hingga obesitas.

5. Tidur yang cukup

Tidur yang cukup berperan penting untuk menurunkan berat badan dan mencegah penambahan berat badan di kemudian hari.

Sebuah penelitian menunjukkan, orang yang kurang tidur, 55%-nya lebih mungkin mengalami obesitas dibandingkan dengan mereka yang cukup tidur. (Deni Suhendar)

Sumber: Healthline
Editor: M. Naufal Hafizh
dewanpers