web analytics
  

Warga Lembang Resah, Berita Bohong Covid-19 Berseliweran

Kamis, 19 November 2020 21:17 WIB Tri Junari
Bandung Raya - Ngamprah, Warga Lembang Resah, Berita Bohong Covid-19 Berseliweran, Berita Bohong,Hoaks Covid-19

Ilustrasi -- Waspada Hoaks Covid-19. (instagram/ridwankamil)

LEMBANG, AYOBANDUNG.COM -- Warga Desa Cikidang, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB) resah setelah mendapat informasi 29 warganya positif Coronavirus Disease (Covid-19). Berita bohong meresahkan itu tersebar di media sosial grup WhatsApp warga Lembang.

Kepala Dinas Kesehatan KBB Hernawan Widjajanto memastikan informasi dari pesan berantai itu tidak benar. Ia menerangkan di Desa Cikidang hanya ada tiga orang yang positif Covid-19, bukan 29 orang. 

"Kasus konfirmasi yang terlaporkan dan tercatat di data base Covid-19 di Desa Cikidang mulai Maret sampai 17 November, hanya 3 orang yang positif dan semuanya sudah sembuh," ungkap Hernawan saat dihubungi Kamis (19/11/2020).

Perkembangan kasus COVID-19 di KBB sendiri mencapai 728 orang. Klaster keluarga masih mendominasi dengan temuan kasus konfirmasi terbanyak ada di Kecamatan Lembang, Ngamprah dan Padalarang.

"Penambahan konfirmasi kasus ada tapi lebih banyak angka yang sembuh. Sejauh ini berdasarkan hasil evaluasi risiko kesehatan kabupaten/kota oleh provinsi KBB masih zona oranye (risiko sedang)," terangnya.

Meskipun kasus positif Covid-19 terus bertambah, namun angka kesembuhan pun turut mengalami penambahan signifikan. Total ada 419 pasien yang dinyatakan sembuh, 292 orang masih positif, dan 17 orang dinyatakan meninggal dunia.

"Dibandingkan antara kasus baru dan sembuh, lebih banyak yang sembuh. Jadi sebetulnya saat ini kita optimis bisa jadi zona hijau," bebernya. 

Editor: Dadi Haryadi
dewanpers