web analytics
  

Satu Kota di Amerika Tak Akan Disinari Matahari selama 67 Hari

Kamis, 19 November 2020 13:58 WIB
Umum - Unik, Satu Kota di Amerika Tak Akan Disinari Matahari selama 67 Hari, Amerika Serikat,Matahari,Alaska,Kutub Utara

[Ilustrasi] Matahari diprediksi tidak terbit dan bersinar di Kota Utqiaġvik, Alaska, Amerika Serikat (AS) selama 67 hari. (Pixabay)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Matahari diprediksi tidak terbit dan bersinar di Kota Utqiaġvik, Alaska, Amerika Serikat (AS) selama 67 hari.

Dilansir Forbes, ada sejumlah fakta menarik tentang wilayah yang terletak di Kutub Utara tersebut, terkait matahari dan kegelapan. Ada penjelasan singkat mengapa matahari tidak akan terbit di Utqiaġvik, Alaska, sampai setelah pelantikan Presiden Amerika berikutnya pada 20 Januari 2021.

Utqiaġvik yang merupakan kota paling utara di Alaska berada di atas Lingkaran Arktik. Kota itu berada di posisi 71,29 derajat lintang utara. Karena posisinya yang unik, kota itu mengalami sesuatu yang disebut Polar Night.

Menurut situs TimeandDate.com, saat polar night, tidak ada sedikit pun matahari yang terlihat di atas cakrawala. Peristiwa polar night hanya terjadi di dalam lingkaran kutub.

Malam di Kutub Utara dapat berlangsung selama kira-kira 6 bulan, yang juga dikenal sebagai fenomena Autumnal Equinox to Vernal Equinox. Di sana, siang hari pun terasa seperti malam karena tak ada sinar matahari yang terlihat.

Sebenarnya, dapat dikatakan sebuah mitos bahwa semua wilayah akan mengalami kegelapan total. Semakin jauh Anda pergi ke wilayah kutub di atas Lingkaran Arktik, semakin gelap kondisi di sana. Namun, sebenarnya, ada sedikit cahaya selama 2 bulan periode kegelapan.

Menurut Layanan Cuaca Nasional Fairbanks, Utqiaġvik akan mendapatkan sekitar 3 jam civil twilight. Hal itu digambarkan sebagai situasi saat matahari berada 6 derajat atau kurang di bawah cakrawala.

Menurut situs Alaska.org, di Utqiaġvik yang terletak 330 mil sebelah utara Lingkaran Arktik, matahari terbenam pada 18 November dan akan terbit kembali pada 23 Januari 2021.

Artinya, kota tersebut akan melalui 67 hari dalam kegelapan. Matahari akan kembali terbit setelah Biden, atau  siapapun presiden AS ke-46 atau yang selanjutnya telah dilantik. Seperti presiden terpilih AS lainnya, pelantikan Biden telah dijadwalkan dilakukan pada 20 Januari 2021 di Gedung Putih, Ibu Kota Washington.

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Republika.co.id.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: M. Naufal Hafizh

artikel terkait

dewanpers