web analytics
  

4 Urban Legend Terkenal dari Asia

Kamis, 19 November 2020 12:36 WIB Redaksi AyoBandung.Com
Umum - Unik, 4 Urban Legend Terkenal dari Asia, Cerita Mistis Gedung Sate,Komunitas Wisata Mistis Bandung,Cerita Mistis,Teror Mistis,Urban legend

Ilustrasi VW kodok kuning yang kerap muncul di Jalan Tol Karak Kuala Lumpur. (FMT)

BANDUNG, AYOBANDUNG.COM -- Urban legend atau legenda urban merupakan bagian dari kehidupan masyarakat yang diceritakan dari mulut ke mulut dari satu generasi ke generasi berikutnya. Meski ceritanya tidak masuk akal, namun masyarakat menyakini kebenaran dari cerita tersebut.

Melansir FMT News, berikut adalah empat urban legend dari Asia yang telah lama viral :
1.Volkswagen Kuning dari Karak Highway (Malaysia)
Konon jalan tol di Malaysia dipenuhi oleh roh-roh halus. Salah satunya adalah Jalan tol Karak, dimana di lokasi tersebut sering terjadi penampakan.

Pada tahun 1990, di jalan tol tersebut pernah terjadi kecelakaan yang melibatkan 17 orang.11 di antaranya adalah anggota polisi yang tewas bersimbah darah.

Jalan ini terkenal angker karena kurangnya penerangan.

Salah satu urban legend yang menjadi perbincangan adalah munculnya mobil Volkswagen Beetle kuning secara misterius setelah matahari terbenam.

Warga setempat mengatakan mobil itu akan melaju di depan orang lain dengan santainya. Kalau ada yang menyalipnya, dia akan balik menyalip lagi dan lagi. Namun kebanyakan orang tahu jika mereka menyalip, mereka akan merinding sendiri karena tidak ada siapapun di mobil itu. Volkswagen itu pun akan menghilang di malam hari.

2.Si Manis Jembatan Ancol (Indonesia)
Siapa sih yang tidak tahu Si Manis Jembatan Ancol? Ya, hantu perempuan dari zaman penjajahan Belanda yang terkenal dari Jembatan Ancol, Jakarta.

Ceritanya berbeda-beda tapi yang paling ramai menggambarkan Maryam si wanita cantik yang memikat hati lelaki tua hidung belang. Meskipun kaya raya, Maryam menolaknya karena tidak mau dijadikan selir ditambah lelaki itu punya kekasih gelap orang Belanda.

Ditekan keluarga untuk menerima lamaran tersebut, Maryam kabur dan bertemu seorang pria di Jembatan Ancol. Pria itu menggoda Maryam. Tidak terima digoda, Maryam melawan hingga terjatuh dan tenggelam di Danau Sunter.

Konon, rohnya gentayangan sampai sekarang. Terkadang, Maryam menunjukkan wajah cantiknya yang sedih.

Siapapun yang melintasi jembatan percaya bahwa mereka harus membunyikan klakson tiga kali untuk meminta izin. Jika tidak, mobil mereka akan mogok dan Maryam menampakkan wajah seramnya.

3. Iblis dari Don Simeon Bernardo (Filipina)
Urban legend lain datang dari Filipina. Patung yang berada di atas salah satu makam di Kota Malabon sangat mencuri perhatian nasional dan banyak cerita horor tentangnya.

Cerita ini menuai kontroversi karena Filipina adalah negara Katolik Roma yang taat.

Namun penduduk setempat percaya patung itu sudah ada sejak lama dan selalu mengganggu peziarah yang datang pada malam hari.

Mereka melihat ada sangkar besi yang mengitari patung dengan harapan mampu menghalau setan yang hendak meneror manusia.

Kisah itupun mengganggu keluarga penghuni makan, Simeon Bernardo, si pembuat patung itu untuk mengingat kenangan pahitnya.

Selama Revolusi 1896, dia dituduh memberontak lalu disiksa secara brutal atas perintah pendeta pro-kolonial.

Muak dengan tindakan kotor ini, dia membuat patung itu untuk menunjukkan bahwa kejahatan mengalahkan kebaikan. Sangkar besi ditempatkan sebagai pelindungnya dari pengacau.

4. Papan Catur Manusia di St. John’s Island (Singapura)
Singapura, seperti negara di Asia Tenggara lain, termasuk dalam jajahan tentara Jepang selama Perang Dunia II.

Di selatan Pulau Sentosa ada tempat liburan yang sepi pengunjung bernama St. John’s Island (Pulau St. John). St. John’s Island pernah dijadikan tempat karantina oleh Inggris.

Terdapat papan catur  misterius seukuran manusia di pulau itu. Tidak jelas alasan mengapa dibuat papan catur tersebut. Namun, ia menjadi pusat urban legend setempat.

Konon, pulau itu dijadikan camp tawanan perang oleh Jepang. Mereka biasa bermain catur dengan menggunakan tahanannya sebagai bidak catur.

Mereka bermain layaknya menggunakan papan biasa. Dua penjaga mengarahkan “bidak” caturnya dan jika ada yang tertangkap, mereka langsung memenggal kepala tahanan tersebut.

Banyak yang mengaku mendengar suara jeritan dan tangisan misterius di malam hari. Ada juga yang mendengar gertak sepatu bot berbaris di sekitar papan catur. (Siti Nurul Pajriati/Magang)

Editor: Andres Fatubun

terbaru

Kain Batik Antibakteri Siap Diproduksi Tahun Ini

Unik Selasa, 2 Maret 2021 | 23:10 WIB

Penggunaan kain batik tidak hanya dilakukan oleh industri mode. Saat ini, penelitian di bidang kesehatan juga menggunaka...

Umum - Unik, Kain Batik Antibakteri Siap Diproduksi Tahun Ini, Kain Batik,Batik Antibakteri,Asosiasi Pengrajin dan Pengusaha Batik Indonesia (APPBI),Kain Batik Antibakteri

Gamer Termuda dalam Sejarah, Bocah 8 Tahun Dikontrak Rp 473,2 Juta

Unik Selasa, 2 Maret 2021 | 18:50 WIB

Joseph Dean, bocah 8 tahun asal California, Amerika Serikat, memilih menjadi gamer profesional dengan kontrak 33.000 dol...

Umum - Unik, Gamer Termuda dalam Sejarah, Bocah 8 Tahun Dikontrak Rp 473,2 Juta, Gamer,pro player,Gamer Profesional,Fortnite,Gamer Termuda

Cara Merawat Tanaman Hias yang Mudah dan Efektif

Unik Selasa, 2 Maret 2021 | 17:42 WIB

Salah satu cara mengusir rasa bosan di rumah dengan merawat tanaman hias. 

Umum - Unik, Cara Merawat Tanaman Hias yang Mudah dan Efektif, Cara merawat tanaman hias,cara merawat tanaman varegata,Tanaman Hias,Merawat Tanaman Hias

Susahnya Hidup dan Mati di Oymyakon, Desa Paling Dingin di Dunia

Unik Selasa, 2 Maret 2021 | 17:30 WIB

Desa Oymyakon dijuluki The Pole of Cold, karena pernah mencapai suhu ekstrem paling dingin -77,2 derajat Celsius.

Umum - Unik, Susahnya Hidup dan Mati di Oymyakon, Desa Paling Dingin di Dunia, Desa Oymyakon,Siberia,Tempat paling dingin di dunia,Desa terdingin di Bumi,Suhu Terendah,Cuaca ekstrem

Penemuan Langka, Fosil Titanosaurus Tertua di Argentina

Unik Selasa, 2 Maret 2021 | 16:40 WIB

Sebagaimana diketahui, Titanosaurus terkenal sebagai hewan darat terbesar dalam sejarah Bumi.

Umum - Unik, Penemuan Langka, Fosil Titanosaurus Tertua di Argentina, Titanosaurus,Dinosaurus,Argentina,Tertua,Terbesar,Dewan Nasional untuk Penelitian Ilmiah dan Teknis Argentina (CONICET).

Ini Tips Membuat Kopi yang Enak di Rumah

Unik Minggu, 28 Februari 2021 | 18:38 WIB

Memesan kopi dari kedai kopi favorit bisa menjadi hal menyenangkan. Namun, itu bukan pilihan tepat bagi Anda yang ingin...

Umum - Unik, Ini Tips Membuat Kopi yang Enak di Rumah, Membuat Kopi di Rumah,Cara Buat Kopi Enak

Kata "Gelay" Nissa Sabyan: Menurut KBBI dan Kamus Gaul

Unik Jumat, 26 Februari 2021 | 10:38 WIB

Kata gelay juga ramai diparodikan di Instagram dan Tiktok. Sebenarnya, apa sih arti kata gelay?Mengapa kata  "gelay" diu...

Umum - Unik, Kata "Gelay" Nissa Sabyan: Menurut KBBI dan Kamus Gaul, arti kata gelay,gelay menurut Nissa Sabyan,gelay menurut KBBI,gelay,asa usul kata gelay

Sinyal Komunikasi Pertama dari Helikopter Nasa di Mars

Unik Selasa, 23 Februari 2021 | 10:30 WIB

Sebelumnya, helikopter pertama yang dikirim ke Mars itu diikutsertakan bersama misi penjelajah Perseverance NASA.

Umum - Unik, Sinyal Komunikasi Pertama dari Helikopter Nasa di Mars, National Aeronautics and Space Administration (NASA),Mars,Helikopter NASA di Mars
dewanpers