web analytics
  

Senasib dengan Anies , Ridwan Kamil Akan Diperiksa Tim Khusus di Bareskrim

Kamis, 19 November 2020 11:50 WIB Fichri Hakiim
Umum - Regional, Senasib dengan Anies , Ridwan Kamil Akan Diperiksa Tim Khusus di Bareskrim, Ridwan Kamil dipanggi polisi,Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil,Rizieq Shihab Megamendung,Habib Rizieq di Megamendung

Gubernur Jabar Ridwan Kamil. (dok. Humas Pemprov Bandung)

GEDEBAGE, AYOBANDUNG.COM -- Kabid Humas Polda Jabar Kombes Erdi A. Chaniago mengatakan, Gubernur Jabar Ridwan Kamil akan menjalani pemeriksaan. Namun, Ridwan Kamil tak diperiksa di Polda Jabar, melainkan diperiksa di Bareskrim Mabes Polri.

"Pak Gubernur, juga besok pemeriksaan di Bareskrim Mabes Polri. Kemungkinan akan dilaksanakan besok Jumat (20/11/2020) Gubernur Jawa Barat bapak Muhammad Ridwan Kamil, pemanggilan yang bersangkutan untuk dimintakan klarifikasi itu nanti di Bareskrim Mabes Polri," ujar Erdi di Polda Jabar, Kamis (19/11/2020).

Erdi menuturkan, pemeriksaan Ridwan Kamil tersebut dilakukan dalam bentuk tim. Tim tersebut terdiri dari penyidik Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Jabar dan penyidik Direktorat Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri.

Ridwan Kamil akan diperiksa terkait acara Habib Rizieq Shihab di Megamendung, Kabupaten Bogor. Pada acara tersebut, massa yang hadir tidak mematuhi protokol kesehatan.

"Terkait pemeriksaan atau klarifikasi yang berawal dari kejadian pada tanggal 13 November 2020, ketika bapak Habib Rizieq melaksanakan peletakan batu pertama di daerah Megamendung di pesantrennya," tutur Erdi.

Erdi menjelaskan, massa yang hadir saat itu mencapai 3.000 orang. Di masa pandemi saat ini, seharusnya siapapun tidak menggelar kegiatan yang bersifat menciptakan kerumunan.

"Dari situ ternyata yang mendatangi atau yang ikut serta dalam rangkaian kegiatannya itu sangat besar jumlah pengikutnya, kurang lebih 3.000 orang. Oleh karena itu, Polda Jabar beserta Mabes Polri, dalam hal ini Bareskrim Direktorat Tindak Pidana Umum melakukan penyelidikan, penyelidikan tentang terkait kejadian tanggal 13 kemarin yang berada di Megamendung," jelas Erdi.

Diberitakan sebelumnya, kegiatan peletakan batu pertama di salah satu pondok pesantren Habib Rizieq di Megamendung, Kabupaten Bogor, menciptakan kerumunan, Jumat (13/11/2020). Dari foto yang beredar, terlihat massa mengabaikan protokol kesehatan dan tidak mengenakan masker.

Akibat kegiatan tersebut, Kapolda Jabar Irjen Pol Rudy Sufahriadi dicopot dari jabatannya karena dinilai tak tegakkan protokol kesehatan. Selain itu Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan juga telah dimintai keterangan oleh polisi, Rabu (18/11/2020) kemarin.

Editor: Fira Nursyabani

artikel terkait

dewanpers