web analytics
  

Mahasiswa KKN UIN Walisongo Tanam Ratusan Pohon Jambu Kristal dan Jambu Madu

Kamis, 19 November 2020 10:55 WIB Netizen Amanatun Nisa
Netizen, Mahasiswa KKN UIN Walisongo Tanam Ratusan Pohon Jambu Kristal dan Jambu Madu, pengabdian terhadap masyarakat,mahasiswa KKN UIN Walisongo Semarang,Jambu Kristal,jambu madu

Mahasiswa KKN saat melakukan penanaman Jambu Kristal dan Jambu Madu. (Amanatun Nisa)

Amanatun Nisa

Mahasiswa UIN Walisongo Semarang Jurusan Manajemen Haji dan Umrah.

AYOBANDUNG.COM -- Sebagai bentuk pengabdian terhadap masyarakat, mahasiswa KKN UIN Walisongo Semarang tanam ratusan pohon jambu kristal dan jambu madu, Minggu (15/11/2020).  Aksi tersebut dihadiri oleh Kepala Desa Penusupan Bapak Guntur Zagiat Yudiansyah S.E, bersama pemuda, dan masyarakat peduli lingkungan desa Penusupan kecamatan Pangkah Kabupaten Tegal.

Pohon yang ditanam merupakan pohon produktif dari jenis buah-buahan, yaitu jambu madu dan jambu kristal. Karena kedua buah tersebut selain memiliki rasa yang enak dan manis, juga dinilai memiliki prospek ekonomi yang profitable, karena memiliki nilai daya jual yang tinggi.

Annisa, salah seorang Mahasiswa KKN UIN Walisongo mengatakan tujuan penanaman pohon ini untuk mengajak seluruh lapisan masyarakat agar melestarikan budidaya pertanian guna mencapai ketahanan pangan ditengah kondisi apapun, khususnya di masa pandemi ini. Selain itu, juga untuk memperluas Ruang Terbuka Hijau di Kabupaten Tegal.

“kami mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk mengembangkan pertanian yang lebih berintegrasi. Selain itu untuk menciptakan budidaya bertani yang sehat dan menghasilkan produk yang berkualitas, diminati pasar, dan bermanfaat bagi kesehatan,” ujar Annisa.

Guntur Yudi Zagiat, S.E selaku Kepala Desa Penusupan mengatakan saat pohon jambu kristal dan jambu madu tersebut sudah bisa dipanen, akan dibagikan ke warga-warga desa secara meluas dan merata. Dan untuk selanjutnya akan di jual di Badan Usaha Milk Desa (BUMDes) untuk meningkatkan pendapatan desa, sehingga masyarakat lebih sejahtera.

“setelah bisa merasakan hasilnya, diharapkan para warga bisa melihat prospek dari menanam pohon jambu kristal dan jambu madu ini. Karena kedua pohon ini bisa berbuah terus-menerus dan terdorong untuk menanamnya sendiri dan merasakan hasilnya,” katanya.

Di sisi lain, dia juga sangat mendukung dan mengapresiasi usaha penghijauan ini, karena menurutnya hal ini bisa memberdayakan masyarakat dengan ikut membudidayakan pertanian lewat tanaman jambu kristal dan jambu madu.

“Kami dan warga desa lainnya mengucapkan banyak terimakasih, tentunya kami sangat mendukung kegiatan penghijauan seperti ini. Semoga sukses untuk semuanya dan kegiatan-kegiatan selanjutnya,” ucap Guntur.

Tulisan adalah kiriman netizen, isi tulisan di luar tanggung jawab redaksi.

Ayo Menulis klik di sini

Editor: M. Naufal Hafizh
dewanpers