web analytics
  

Demi Kesehatan, Jangan Lakukan 3 Hal Ini usai Makan

Kamis, 19 November 2020 08:12 WIB Redaksi AyoBandung.Com
Gaya Hidup - Sehat, Demi Kesehatan, Jangan Lakukan 3 Hal Ini usai Makan, makan,tidur setelah makan,Olahraga,Kesehatan

Setelah makan, sebaiknya jangan melakukan sejumlah hal yang berdampak buruk bagi kesehatan. (Pixabay)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM – Ada sejumlah hal yang harus dihindari setelah makan agar kesehatan tidak terganggu.

Dilansir Live Strong, Kamis (19/11/2020), sedikitnya ada 3 hal yang harus Anda hindari setelah makan.

1. Sikat gigi

Ada beberapa kasus yang lebih baik tidak menggosok gigi setelah makan, seperti saat mengonsumsi sesuatu yang asam seperti anggur atau buah jeruk. Sebaiknya, hindari menyikat gigi karena ini dapat merusak enamel yang terdapat secara alami.

Sebaliknya, gosok gigi sebelum mengonsumsi makanan asam. Jangan lupa minum segelas air sesudahnya untuk membantu membasuh asam dari mulut.

2. Tidur

Anda tidak akan mendapatkan waktu istirahat yang berkualitas jika tidur langsung setelah makan. Menurut para ahli dari Mayo Clinic, Anda harus menunggu setidaknya tiga jam untuk tidur usai menyantap makanan, termasuk makanan ringan.

Alasannya, pencernaan setelah makan seharusnya berada di posisi vertikal. Ketika makan, makanan yang ada di perut seperti berada di sebuah unit penyimpanan jangka pendek. Jika kita berbaring, gravitasi tidak mendukung agar makanan dan asam lambung terus bekerja turun. Sebaliknya, mudah bagi makanan dan asam lambung mengalir kembali ke kerongkongan.

Saat itu, Anda pasti akan mengalami mulas. Beberapa jenis makanan juga memperburuk kondisi ini. Di antaranya makanan berlemak tinggi, serta minuman seperti alkohol.

3. Olahraga

Berolahraga setelah makan sangat tidak disarankan. Alasannya, proses pencernaan membutuhkan darah.

Olahraga setelah makan bisa membuat sakit perut atau kram otot.

Jika Anda makan dalam jumlah cukup besar, tunggu 3 hingga 4 jam sebelum mulai berolahraga. Sementara itu, jika Anda mengonsumsi camilan atau jenis makanan kecil lainnya, tunggulah satu hingga dua jam.

Editor: M. Naufal Hafizh

artikel terkait

dewanpers