web analytics
  

Hujan Ringan Turun di Bandung, Jaga Kesehatan dengan 5 Tip Ini

Kamis, 19 November 2020 06:10 WIB Fira Nursyabani
Bandung Raya - Bandung, Hujan Ringan Turun di Bandung, Jaga Kesehatan dengan 5 Tip Ini, Cuaca Bandung Hari Ini,Cuaca Bandung,cuaca Bandung BMKG,Tips Kesehatan,Tips Menjaga Kesehatan

Cuaca hujan di Kota Bandung. (Ayobandung.com/Kavin Faza)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Hujan dengan intensitas ringan akan mengguyur wilayah Bandung pada Kamis (19/11/2020). Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi, hujan akan berlangsung siang hingga sore.

Pada pagi hari, cuaca Bandung akan cerah berawan dan setelah siang hari hujan, cuaca akan kembali cerah berawan pada malam hari. Suhu Bandung hari ini cukup hangat, berkisar di angka 24 derajat Celcius pada malam hari dan 30 derajat Celcius pada siang hari.

Hujan akan turun merata di seluruh wilayah Cimahi dan Kota Bandung. Sementara di Kabupaten Bandung, hujan akan turun lebih lebat dan lebih lama di wilayah Soreang, Banjaran, Cangkuang, Cimaung, Ciwidey, Ibun, Katapang, Kertasari, Kutawaringin, dan Pangalengan.

Di Kabupaten Bandung Barat, hujan diprakirakan akan mengguyur lebih lebat dan lebih lama di wilayah Lembang, Batujajar, Cililin, Cipongkor, Rongga, Saguling, dan Sindangkerta.

Tips menjaga tubuh tetap sehat saat musim hujan

Ada beberapa tips sehat ampuh yang bisa Anda coba agar tetap sehat sa, semangat, dan tentunya produktif untuk melakukan beragam kegiatan harian di saat musim hujan.

1. Selalu minum air putih

Opsi paling mudah dan terjangkau supaya badan tetap fit adalah air putih. Tidak salah kalau elemen sederhana ini disebut sebagai teman terbaik untuk tubuh kita. Kenapa? Pertama, bisa membantu memelihara fungsi organ dalam tubuh agar tetap stabil.

Minum air putih. (Pixabay)

Kedua, bisa secara alami mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Menariknya lagi, air putih bisa juga menurunkan berat badan lho! Tidak usah pikir dua kali. Selalu sedia air putih di mana saja dan jangan lupa minum minimal 8 gelas per hari ya!

2. Olahraga rutin

Situasi pandemi tidak menyurutkan kebutuhan berolahraga.

Olahraga memang sudah tersohor dengan fungsinya untuk menjaga kesehatan tubuh. Tetapi tahu tidak kalau aktifitas ini juga bisa membuat mood lebih baik?

Sejumlah warga berolahraga menggunakan fasilitas di Lapangan Upakarti Soreang, Kabupaten Bandung, Rabu (23/9/2020). (Ayobandung.com/Ryan Suherlan/Magang)

Ketika berolahraga, tubuh kita menstimulasi zat tertentu pada otak yang dapat membuat kita merasa lebih bahagia dan santai. Ayo mulai untuk olahraga minimal 150 menit per minggu. Tidak perlu yang berat, bisa berupa squat, plank, sit-up, push-up, ataupun jogging.

3. Tidur malam efektif meningkatkan kekebalan tubuh

Ketika tidur, tubuh kita akan mengeluarkan senyawa sitokin yang merupakan bagian penting dari sistem kekebalan tubuh. Jika senyawa ini tidak dimiliki secara cukup, maka tubuh akan lebih rentan terhadap penyakit.

Tidur cukup. (Pixabay)

So, usahakan selalu tidur minimal 7 jam sehari, agar bisa menghadapi pagi dengan lebih fresh!

4. Makan lebih banyak sayur dan buah tinggi antioksidan

“Kalau mau tetap sehat, jangan pernah ninggalin buah dan sayur yang kandungan antioksidannya tinggi, seperti brokoli, kale, jeruk, pepaya dan jambu biji,” ujar Rachel Olsen, Nutrition Expert YOUVIT.

Tanaman hidroponik berjenis selada hijau yang dibudidayakan di Ndarufarm, Batujajar, Kabupaten Bandung Barat, Rabu (3/10/2020). (Ayobandung.com/Aufa Fadil/magang)

Dia juga mengatakan bahwa antioksidan banyak ditemuan pada vitamin C & E yang mampu menangkal radikal bebas. “Usahakan tiap hari kita makan paling tidak 2 buah atau sayur,” tambahnya lagi.

5. Multivitamin penting untuk menyeimbangkan kebutuhan tubuh

Masih banyak yang menjadikan multivitamin sebagai pengganti obat ketika sudah merasa tidak enak badan atau sakit. Padahal faktanya, multivitamin dapat berperan secara signifikan untuk tubuh jika kita mengonsumsinya setiap hari secara rutin dalam dosis yang seimbang.

Editor: Fira Nursyabani

artikel terkait

dewanpers