web analytics
  

Curhat Ibu-ibu Bekasi, Uang Beli Lipstik Beralih ke Masker dan Disinfektan

Kamis, 19 November 2020 05:52 WIB Firda Puri Agustine
Umum - Regional, Curhat Ibu-ibu Bekasi, Uang Beli Lipstik Beralih ke Masker dan Disinfektan, Belanja masker,Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB),Corona Bekasi,covid-19 bekasi

Ibu-ibu di Bekasi Timur mengaku irit lipstik sejak kewajiban memakai masker diberlakukan selama pandemi Covid-19. (dok. Ibu Heni)

BEKASI, AYOBANDUNG.COM -- Pandemi Covid-19 sudah seharusnya tak selalu dipandang buruk. Ada hikmah sekaligus pelajaran yang bisa diambil, terutama dalam disiplin menjalankan protokol kesehatan.

Kewajiban memakai masker misalnya, ternyata mempunyai banyak manfaat selain mencegah penularan virus corona. Bagi sebagian besar ibu rumah tangga di Bekasi, penggunaan masker dianggap mampu menghemat pengeluaran belanja lipstik.

Salah satu ibu RT di Bekasi Timur, Heni mengatakan selama pandemi delapan bulan terakhir, lipstik yang ia pakai masih awet. Dia pun tak tertarik membeli warna lain karena dirasa tak perlu.

“Ya masih awet (lipstik) alhamdulillah. Soalnya kan pakai masker juga ketutupan lipstiknya. Paling kalau lagi kondangan aja dipake dikit biar keliatan kondangannya gitu,” kata Heni kepada Ayobekasi.net, Rabu (18/11/2020).

Wanita berusia 56 tahun ini mengaku jika saat sebelum pandemi selalu ‘tergoda’ membeli lipstik baru, maka kini uangnya ia gunakan untuk membeli kebutuhan lain yang lebih penting seperti masker medis dan suplemen vitamin.

“Kayak apa ya udah enggak tertarik banget gitu beli beli lipstik. Sayang duitnya mending beli yang lebih penting sekarang mah buat kesehatan,” ujarnya.

Hal senada diungkapkan Lisa, ibu rumah tangga juga di Bekasi Timur. Dia menilai pandemi banyak memberi hikmah positif untuk lebih berhemat dan memprioritaskan pengeluaran.

Anggaran sebesar Rp200.000 yang biasanya digunakan membeli kosmetik, kini beralih untuk membeli berbagai macam disinfektan rumah tangga. Selain vitamin dan masker, disinfektan juga penting untuk membasmi virus corona.

“Di rumah sekarang mesti ada tuh disinfektan semprot yang buat barang, buat baju, buat lantai. Semua pakai disinfektan. Jadi, ya daripada buang-buang duit beli lipstik yang dipakai enggak kelihatan juga, mending beli ini (disinfektan),” kata Lisa.

Perubahan gaya hidup menjadi lebih hemat juga direspons positif oleh sang suami. Bukan tak ingin melihat istri tampil cantik, tapi bijak mengatur keuangan rumah tangga juga bisa membuat suami jatuh cinta setiap hari.

“Kalau suami mah ya jelas seneng banget ya kalau istrinya hemat. Sekarang mah pakai lipstiknya kebanyakan emang di rumah aja diliat suami sama anak-anak,” ujar dia. 

Editor: Fira Nursyabani

artikel terkait

dewanpers