web analytics
  

Pejabat Cianjur Bebas Keluar Daerah Tanpa Rapid dan Swab Test

Rabu, 18 November 2020 17:38 WIB Muhammad Ikhsan
Umum - Regional, Pejabat Cianjur Bebas Keluar Daerah Tanpa Rapid dan Swab Test, Pejabat Cianjur,Pemkab Cianjur,Rapid test,Swab Test

Ilustrasi -- Pejabat Cianjur (Kavin Faza)

CIANJUR, AYOBANDUNG.COM -- Pejabat di lingkungan Pemkab Cianjur bebas keluar masuk Cianjur tanpa harus rapid test maupun swab test. Padahal, sudah ada sejumlah pejabat struktural maupun publik yang terkonfirmasi positif.

Juru Bicara Satuan Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 dr Yusman Faisal mengatakan saat ini tidak ada larangan pejabat di lingkungan Pemkab Cianjur, mulai dari Bupati, Sekda, Bappeda hingga pejabat eselon II, III hingga IV membatasi pergi keluar kota.

“Iya tidak ada aturannya, bebas mau keluar kota mana saja. Asalnya ada aturan harus rapid test maupun swab test, sekarang sudah dicabut aturan tersebut,” kata Yusman pada Ayobandung.com, Rabu (18/11/2020).

Dia menjelaskan penyebab seseorang terkonfirmasi positif Covid 19 bukan karena terpapar dari luar kota, melainkan sudah berada di lokal peredarannya.

“Kemarin-kemarin masih ada indikasi tertular warga Cianjur setelah melakukan perjalanan dari luar kota, tapi saat ini virus ini penyebarannya sudah di lokal,” katanya.

Kalaupun tidak ada aturannya, terang Yusman, Satgas Covid 19 Kabupaten Cianjur hanya menghimbau kepada pejabat di Cianjur agar diusahakan tidak keluar kota kalau memang tidak terlalu penting.

“Kami hanya bisa sebatas himbauan atau ajakan saja, agar lebih baik di rumah saja kalau tidak ada keperuan mendesak, apalagi keluar kota,” katanya.

Tapi, kalau ada seseorang di OPD yang terkonfirmasi positif Covid 19, maka kontak erat mulai dari rumah hingga kantor akan dilakukan swab test.

“Kalau memang hasil swab test positif tanpa gejala, maka akan dikarantina 14 hari di pusat isolasi, kalau dengan gejala, maka diisolasi di rumah sakit,” tandasnya.

Editor: Dadi Haryadi

artikel terkait

dewanpers