web analytics
  

Masuk Zona Merah, Kota Cimahi Laporkan Penambahan 15 Kasus Aktif, 4 Sembuh, dan 2 Meninggal Dunia

Rabu, 18 November 2020 11:35 WIB Redaksi AyoBandung.Com
Bandung Raya - Cimahi, Masuk Zona Merah, Kota Cimahi Laporkan Penambahan 15 Kasus Aktif, 4 Sembuh, dan 2 Meninggal Dunia, Update Corona Cimahi,Informasi Corona Cimahi,corona cimahi,Citeureup,Zona Merah Covid-19

Imbauan menggunakan masker di Kota Cimahi. Pekan ini Cimahi ditetapkan sebagai satu dari 7 daerah di Jawa Barat yang berstatus zona merah penyebaran pandemi Covid-19. (https://covid19.cimahikota.go.id/)

CIMAHI, AYOBANDUNG.COM -- Masuk zona merah pandemi Covid-19, Kota Cimahi melaporkan penambahan 21 kasus positif Covid-19 per Rabu (18/11/2020) pagi, terdiri dari 15 kasus aktif, 4 kasus sembuh, serta 2 kasus meninggal. Citeureup, dengan 33 kasus, masih menjadi kelurahan dengan jumlah kasus aktif terbanyak.

Merujuk situs web https://covid19.cimahikota.go.id/, kita mengetahui jumlah akumulatif kasus terkonfirmasi sebanyak 810 kasus, terdiri dari 227 kasus aktif, 559 kasus sembuh, serta 24 kasus meninggal dunia. Tingkat kesembuhan saat ini tercatat turun di angka 69,01 persen.

Kita juga bisa mengetahui jumlah total suspek saat ini sebanyak 1.531 kasus dengan 81 kasus di antaranya sedang berada dalam proses perawatan atau isolasi. Sementara itu, jumlah kontak erat tercatat sebanyak 10.384 kasus dengan 473 kasus di antaranya menjalani pemantauan.

Lewat data sebaran pandemi ini, warga bisa mengetahui pergerakan kasus aktif di tiap-tiap kelurahan. Citeureup, dengan 33 kasus, menjadi kelurahan dengan jumlah kasus positif aktif terbanyak. Menyusul di tempat kedua adalah Kelurahan Cibeureum dengan 25 kasus positif aktif.

Kasus positif aktif adalah kasus positif Covid-19 terkonfirmasi yang saat ini sedang menjalani perawatan berupa isolasi. Isolasi bisa dilakukan di rumah sakit, hotel, atau juga rumah. Kasus positif aktif berakhir ketika pasien dinyatakan sembuh atau meninggal dunia. 

Berikut daftar 7 kelurahan dengan jumlah kasus positif aktif terbanyak per Rabu (18/11/2020) pagi:

Citeureup dengan 33 kasus positif aktif dari total 89 kasus terkonfirmasi

Cibeureum 25 (139)

Melong 24 (74)

Cigugur Tengah 23 (61)

Cibeber 21 (49)

Utama 20 (40)

Pasirkaliki 17 (33)

Zona Merah 

Sebanyak 7 daerah di Jawa Barat (Jabar) dinyatakan masuk zona merah pekan ini. Kota Cimahi termasuk di dalamnya. Sebelumnya dilaporkan hanya ada 3 daerah dengan status zona merah di Jabar. Penambahan siginifikan ini diduga akibat aktivitas libur panjang akhir Oktober lalu.

"Ada penambahan zona merah pascalibur panjang yang cukup signifkan. Tadinya hanya ada tiga daerah, sekarang naik jadi tujuh. Mohon diwaspadai untuk wilayah-wilayah ini," ungkap Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, dalam konferensi pers di Makodam III Siliwangi Kota Bandung, Selasa (17/11/2020).

Ridwan meminta agar kewaspadaan ditingkatkan mengingat tiga dari ketujuh daerah tersebut akan segera melangsungkan Pilkada, yaitu Kabupaten Bandung, Kabupaten Karawang, dan Kabupaten Tasikmalaya.

"Ada tiga daerah yang melaksanakan pilkada di minggu ini, bersamaan dengan status zona merah. Ini harus diwaspadai," ungkapnya.

Berikut daftar 7 daerah di Jabar yang masuk zona merah:

1. Kabupaten Bekasi

2. Kabupaten Karawang

3. Kabupaten Purwakarta

4. Kabupaten Tasikmalaya

5. Kabupaten Bandung

6. Kota Bekasi

7. Kota Cimahi

Imunisasi Anak

Pandemi Covid-19 tidak menghentikan program Pemkot Cimahi memberikan layanan bagi warganya, termasuk anak-anak. Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Cimahi bekerja sama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Cimahi menggelar Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS) tingkat Sekolah Dasar (SD) Kota Cimahi dalam protokol kesehatan ketat. Peserta terdiri dari siswa kelas 1,2, dan 5 SD. Imunisasi yang diberikan adalah Difteri-Tetanus (DT).

"Sekolah sudah mempersiapkan diri untuk kegiatan tersebut. Siswa diminta hadir sesuai jadwal waktu yang diberikan. Jika siswa berhalangan hadir, maka diminta langsung mendatangi puskesmas terdekat untuk mendapat imunisasi," tutur Kepala Disdik Kota Cimahi Harjono sebagaimana termuat dalam rilis Humas Pemkot Cimahi.

Disdik Kota Cimahi meminta tiap-tiap kepala sekolah memastikan protokol kesehatan diterapkan selama BIAS berlangsung. Supervisi dilakukan oleh petugas pengawas sekolah. 

Oleh Pemprov Jabar, Kota Cimahi diapresiasi sebagai salah satu daerah dengan kinerja baik dalam penanganan pandemi. 

Editor: Tri Joko Her Riadi

artikel terkait

dewanpers