web analytics
  

Warga Saguling Ingin Wilayahnya Jadi Destinasi Wisata Baru

Selasa, 17 November 2020 19:08 WIB Tri Junari
Bandung Raya - Ngamprah, Warga Saguling Ingin Wilayahnya Jadi Destinasi Wisata Baru, Kecamatan Saguling,Destinasi Wisata,Geopark Rajamandala

Reses anggota DPRD Jawa Barat Fraksi Golkar Edi Rusyandi di Kampung Cibanteng, Desa Saguling, Kecamatan Saguling, Senin (09/11/2020). (Tri Junari)

SAGULING, AYOBANDUNG.COM -- Memiliki segudang potensi alam di bentangan Geopark Rajamandala, masyarakat Kecamatan Saguling Kabupaten Bandung Barat (KBB) berharap wilayahnya menjadi destinasi pariwisata baru.

Sayangnya, keinginan masyarakat untuk mendongkrak kesejahteraan melalui sektor ekonomi pariwisata ini tidak mendapat dukungan serius pemerintah daerah.

Atep Risto Astoni (32) perwakilan pemuda penggerak wisata Desa Saguling mengatakan, desanya memiliki potensi alam yang jarang ada di tempat lain karena memiliki geopark Rajamandala.

Ia bersama warga lainnya tengah berupaya membuka akses ke objek wisata perawan yang kini masih sulit dijangkau wisatawan. 

"Ada beberapa wisata curug. di antaranya curug halimun, cikahuripan, bendungan Saguling, dan spot spot photo yang indah. Bukan tidak mungkin ada potensi lainnya jika terus digali," ungkap Atep di sela acara reses anggota DPRD Jawa Barat Fraksi Golkar Edi Rusyandi di Kampung Cibanteng, Desa Saguling, Kecamatan Saguling, Senin (09/11/2020).

Generasi muda di Desa Saguling menginginkan wilayahnya dikembangkan menjadi salah satu destinasi wisata di Kabupaten Bandung Barat. Namun, peran pemerintah kabupaten maupun provinsi terkesan acuh dan kurang serius membuka destinasi wisata baru.

"Mereka mengharapkan adanya perhatian dari pemerintah baik kabupaten maupun provinsi untuk mendukung desa Saguling sebagai salah satu destinasi wisata. Dengan pengembangan potensi ini diharapkan bisa menjadi salahsatu pendongkrak tumbuhnya ekonomi masyarakat sekitar," ujar Edi.

Edi menyambut baik aspirasi para pemuda tersebut dan mendukung untuk menjadikan desa saguling sebagai desa wisata. Edi akan berupaya untuk menyampaikan aspirasinya kepada pemerintah Provinsi Jawa Barat. 

Dalam mengembangkan potensi desa wisata ini, Edi mengharapkan adanya pembinaan skill para kelompok dan pegiat wisata setempat, pengembangan seni budaya dan juga tata kelola lingkungannya. 

"Potensi alamnya sangat mendukung. Sangat memenuhi untuk dikembangkan dan bisa menjadi daya tarik wisatawan untuk datang. Otomatis ini akan menghidupkan perekonomian masyarakat sekitar," kata Edi.

Editor: Dadi Haryadi
dewanpers